nusabali

Digitalisasi Dorong UMKM Buleleng Tumbuh

  • www.nusabali.com-digitalisasi-dorong-umkm-buleleng-tumbuh

SINGARAJA, NusaBali - Teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju membuka peluang memperluas jangkauan pasar yang semakin terbuka lebar. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Buleleng terus didorong memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi tersebut untuk memasarkan produknya.

Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (DagperinkopUKM) Kabupaten Buleleng memberikan pelatihan pada para pelaku UMKM melakukan digitalisasi melalui platform daring. Dukungan digitalisasi yang diberikan kepada UMKM ini meliputi pelatihan desain logo, manajemen media sosial, dan pemasaran online. 

“Hasilnya, sejumlah UMKM mulai mengalami peningkatan permintaan dari pembeli melalui platform media sosial,” ujar Kepala Dinas DagperinkopUKM Buleleng, Dewa Made Sudiarta, Jumat (24/5).

Kata dia, pemilik UMKM memilih platform digital yang sesuai dengan karakteristik bisnis mereka. Setiap platform memiliki kelebihan dan kelemahan yang berbeda, sehingga pemilihan platform yang tepat akan mempengaruhi kesuksesan digitalisasi.

Upaya ini juga mendapat dukungan dari Forum UKM Naik Kelas di Buleleng, serta pihak perbankan. “Kami juga menjalin kemitraan dengan berbagai perguruan tinggi melalui program Ganesha Digital Entrepreneur yang melibatkan mahasiswa magang dalam berbagi pengetahuan dan pengalaman,” lanjut dia.

Dewa Sudiarta menambahkan, pihaknya telah menggelar serangkaian acara untuk mendorong pengembangan produk unggulan UMKM di Buleleng yang jumlahnya mencapai sekitar 60.000 untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan. Selain pameran, Dinas juga mengadakan pelatihan dan lomba pengembangan kewirausahaan.7 mzk

Komentar