nusabali

Koalisi Prabowo-Gibran Dukung Rai Mantra-De Gadjah Tarung di Pilkada Bali 2024

  • www.nusabali.com-koalisi-prabowo-gibran-dukung-rai-mantra-de-gadjah-tarung-di-pilkada-bali-2024

DENPASAR, NusaBali.com - Koalisi Prabowo-Gibran di Bali  menyepakati dukungan mereka untuk pasangan Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan Made Muliawan Arya (De Gadjah) sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali periode 2024-2029.

Kesepakatan ini tercapai dalam rapat konsolidasi Koalisi Pilkada Provinsi Bali yang berlangsung di The Brass Restoran, Denpasar, pada Jumat (24/5/2024) siang.

Dalam rapat ini, sejumlah tokoh partai politik turut hadir, di antaranya Ketua Partai Gerindra Made Muliawan Arya dan Sekretaris I Kadek Budi Prasetya; Ketua Partai Golkar Sugawa Kory beserta Sekretaris Made Dauh Wijana; Ketua Partai Demokrat Made Mudarta didampingi Sekretaris I Made Sada; Sekretaris Partai NasDem I Nyoman Winatha; serta Ketua PSI I Nengah Yasa Adi Susanto yang didampingi Sekretaris Cok Dwi. Selain itu, Ketua PKB Bambang Sutiyono dan Ketua Partai Garuda Agung Ronny juga tampak hadir. 

Namun, beberapa partai koalisi tidak dapat hadir, termasuk Ketua PAN Ni Made Shri Yoga Lestari yang pada saat yang sama mendampingi Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan menemui Presiden Joko Widodo dalam rangka persiapan Rakernas PAN.

Dalam rapat yang berlangsung sekitar dua jam tersebut, para petinggi partai menandatangani Memorandum of Understanding (MoU). “Kami mencapai beberapa kesepakatan,” kata Made Muliawan Arya

Salah satunya adalah dukungan terhadap pasangan Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra – Made Muliawan Arya sebagai bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur Bali 2024-2029 yang didukung oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

“Koalisi Indonesia Maju terkait pemilihan kepala daerah 2024 adalah ekuivalen sesuai dengan kesepakatan partai politik yang bergabung dalam koalisi mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran,” kata De Gadjah, sapaan akrab Ketua DPD Partai Gerindra tersebut.

Peserta rapat sepakat berkoalisi sebagai kepanjangan tangan koalisi di pusat dengan tujuan mengawal setiap keputusan pemerintah pusat agar dapat tercapai dengan baik melalui kebijakan daerah sehingga bermanfaat bagi masyarakat Bali.

Peserta rapat juga sepakat hanya mencalonkan satu bakal calon Bupati/Walikota. Oleh karena itu, peserta rapat tidak mencalonkan dan mendukung bakal calon di luar koalisi. 

Koalisi Indonesia Maju Plus hanya mencalonkan satu bakal calon.  "Kami berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan Bali dengan visi yang inklusif dan berkelanjutan. Kami berharap dukungan ini bisa membawa perubahan positif bagi masyarakat Bali," tegas De Gadjah.

Dengan penandatanganan MoU ini, diharapkan koalisi tersebut dapat memperkuat dukungan dan koordinasi dalam menyongsong Pilkada Bali 2024.

“Kami ingin memastikan bahwa program-program pemerintah pusat dapat diimplementasikan dengan baik di tingkat daerah demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Bali,’ tuntas De Gadjah.

Komentar