nusabali

Kongres Intercolor untuk Tren Warna Dunia Digelar di Ubud

  • www.nusabali.com-kongres-intercolor-untuk-tren-warna-dunia-digelar-di-ubud

GIANYAR, NusaBali - Indonesia menjadi tuan rumah Kongres Intercolor yang berlangsung di Titik Dua Hotel, Jalan Cok Rai Pudak, Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Gianyar, Rabu (22/5) hingga Jumat (24/5). Kongres yang diikuti pakar warna dari 17 negara ini membahas warna spring/summer 2026. Tiap negara wajib mempresentasikan mood board yang merupakan proposal konsep dan warna untuk 2 tahun mendatang.

Tiap negara biasanya mempresentasikan mood board yang memuat narasi, diskripsi, visual, dan contoh warna. Semua mood board ini lalu dikategorikan berdasarkan kelompok warna untuk didiskusikan bersama secara berkelompok hingga tercipta suatu konsesus bersama, baik secara visual maupun secara konsepsual. Hasilnya, akan disosialisasikan untuk dipakai sebagai acuan di setiap industri terkait. Tiap negara akan menyesuaikan warna yang ditentukan dengan turunannya. 

Indonesia bisa ikut menentukan tren warna dunia sejak November 2018 setelah resmi bergabung dengan Intercolor. Indonesia, melalui Martha Tilaar Innovation Centre (MTIC) yang membawa nama Martha Tilaar Foundation resmi diterima menjadi anggota Intercolor ke-17. “Ini berkat perjuangan Martha Tilaar Innovation Centre (MTIC) dalam meyakinkan para anggota Intercolor yang berasal dari 16 negara,” jelas Dr Kilala Tilaar sebagai CEO Martha Tilaar Group mendampingi founder Martha Tilaar Group dan Marie-Louise sebagai President of Intercolor di sela Kongres Intercolor di Titik Dua Hotel, Jalan Cok Rai Pudak, Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Rabu (22/5). 

Hasil dari penentuan warna oleh Intercolor ini selalu dijadikan referensi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Sejumlah industri, seperti tekstil, otomotif, desain interior, dan kosmetik selalu menunggu tren warna dunia untuk menjadi inspirasi inovasi terbaru mereka. Intercolor adalah sebuah platform yang diinisiasi oleh pakar warna internasional yang dibentuk pada tahun 1963 dan beranggotakan kelompok ahli warna dari berbagai disiplin, mewakili asosiasi nasional dan konsultan yang bekerja untuk pemain global dalam industri kosmetik, otomotif, tekstil, fashion, dan desain produk. 

Indonesia memiliki jumlah penduduk sangat besar, yaitu 270 juta orang dan tingkat keanekaragaman tinggi mencakup 17.508 pulau, 300 suku bangsa, dan 748 bahasa. Tentu saja, kata Kilala, Indonesia memiliki sumber daya alam luar biasa yang dapat menjadi sumber inspirasi sangat kaya bagi tren warna dunia. Inilah yang menjadi kekuatan berpengaruhnya Indonesia terhadap tren warna dunia. “Dengan keterlibatan MTIC pada Intercolor dalam penentuan tren warna, kami berharap bisa menjadi ajang pembuktian diri kepada dunia tentang kekayaan bangsa yang beragam melalui warna-warna yang menginspirasi secara global,” ungkap Dr Kilala Tilaar. 7 nvi

Komentar