nusabali

Bupati Gede Dana Pimpin Vaksinasi Anjing

  • www.nusabali.com-bupati-gede-dana-pimpin-vaksinasi-anjing

AMLAPURA, NusaBali - Bupati Karangasem I Gede Dana pimpin acara vaksinasi ratusan anjing, di Banjar Bale Gede, Desa Datah, Kecamatan Abang, Karangasem, Selasa (21/5). Tercatat 809 anjing divaksinasi digelar Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Karangasem, guna mencegah terjadinya penularan penyakit rabies.

Vaksinasi juga digelar di Banjar Karangsari, Banjar Juwuk, dan Banjar Karanganyar, Desa Datah, Kecamatan Abang, masing-masing lokasi ada dokter hewan yang mengoordinasikan.

Bupati I Gede Dana yang langsung ikut memvaksin anjing berharap, agar peran serta masyarakat turut aktif mengendalikan rabies, dengan cara menuangkan dalam awig-awig dalam hal memelihara anjing. Cara paling sederhana, agar anjing dirantai, atau tidak dilepasliarkan.

Dengan cara itu, tidak akan ada penyebaran rabies, hal itu sesuai Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 15 tahun 2009 tentang Penanggulangan Rabies dan Peraturan Daerah Karangasem Nomor 4 Tahun 2013 tentang Ketertiban Umum serta Surat Edaran Bupati Karangasem Nomor 524.3/842/Distan/Setda per 20 Februari 2023 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Rabies.

"Sebab penyakit rabies masih ada, anjing tertular rabies masih ada, kepada masyarakat yang suka memelihara anjing setidaknya tidak dilepasliarkan," pintanya.

Cara lain untuk mencegah terjadinya penularan rabies, katanya, agar secara rutin melakukan vaksinasi pada anjing. Rabies merupakan penyakit menular akut yang menyerang susunan sarat pusat pada manusia dan hewan berdarah panas yang disebabkan virus rabies dengan cara gigitan.

Masa inkubasi rabies pada anjing katanya 3-8 minggu, pada manusia selama 2-8 minggu.

Kadis Pertanian Pangan dan Perikanan Karangasem I Nyoman Siki Ngurah mengatakan, selama ini telah berupaya menekan terjadinya kasus rabies, dengan menggencarkan melaksanakan vaksinasi.

Siki Ngurah mengapresiasi antusias masyarakat secara sukarela mengikuti acara itu dengan memvaksin anjing peliharaannya, sehingga tercatat mencapai 809 anjing yang divaksin. Tercatat populasi 81.155 ekor, telah divaksin mencapai 33.260 anjing atau 40,99 persen, sedangkan kasus gigitan selama Januari-Mei, 699 gigitan, yang positif rabies 26 gigitan, telah dieliminasi 71 ekor, sedangkan yang masuk kontrol populasi sebanyak 239 ekor. "Kami masih memiliki vaksin cukup banyak, mencapai 4.334 dosis," kata Siki Ngurah.

Siki Ngurah berjanji terus menggencarkan vaksinasi, agar seluruh anjing yang ada di Karangasem semuanya divaksin, sehingga tidak ada lagi penularan rabies.

Dipilihnya Desa Datah, Kecamatan Abang, untuk acara vaksinasi anjing karena populasi anjing di Desa Datah cukup banyak, mencapai ratusan ekor, di tambah kasus gigitan juga banyak. Vaksinasi berlanjut, Rabu (22/6) di Banjar Kelodan, Banjar Juwuk, dan Banjar Asah Dulu, Desa Datah.

Siki Ngurah mengajak masyarakat agar proaktif  mengikuti acara vaksinasi anjing, sebab petugas dokter hewan di Pusat Kesehatan Hewan di delapan kecamatan telah siap memberikan pelayanan.7k16

Komentar