nusabali

Disnaker Gianyar Beri Pelatihan Pembuatan Banten

  • www.nusabali.com-disnaker-gianyar-beri-pelatihan-pembuatan-banten

GIANYAR, NusaBali - Memperluas peluang kerja, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar bekerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM Provinsi Bali melaksanakan kegiatan pelatihan membuat banten Pulegembal di Balai Banjar Tarukan, Desa Pejeng Kaja, Senin (20/5). Pelatihan diikuti oleh 23 orang serati banten yang ada di Banjar Tarukan Pejeng.

Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani menjelaskan pelatihan membuat banten untuk membuka peluang kerja juga akan berdampak dalam pengentasan kemiskinan ekstrem yang ada. “Pelatihan ini untuk memberikan peluang kerja yang lebih banyak kepada masyarakat setempat sehingga mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat. Serta bisa mengurangi angka kemiskinan ekstrem,” jelasnya.

Dayu Surya juga menyampaikan agar peluang tersebut digunakan dengan baik oleh masyarakat. “Selain untuk meningkatkan pengetahuan tentang makna dan arti dari banten yang dibuat, juga dapat memahami peluang kerja ataupun peluang usaha yang ada,” paparnya. 

Dengan adanya pekerjaan ataupun usaha, bisa meningkatkan pendapatan masyarakat guna menunjang perekonomian keluarga. Pelatihan membuat Banten Pulegembal karena banten merupakan sarana pokok yang digunakan oleh masyarakat Bali dalam menunjang kegiatan piodalan dan upacara keagamaan. 

“Nantinya ini akan memberi peluang kepada masyarakat desa untuk bisa menjadi serati banten yang paham makna banten secara professional,” ujar Dayu Surya. 7 nvi

Komentar