nusabali

Bali Peringkat Tujuh di Jatim Open

  • www.nusabali.com-bali-peringkat-tujuh-di-jatim-open

Tiga dari empat medali emas berasal dari tim atletik PON Bali. Sedangkan satu emas dari atlet U-20, melalui I Ketut Parel Antara di lempar cakram putra.

JAKARTA, NusaBali
Bali menempati peringkat tujuh dalam Kejuaraan Atletik Jawa Timur (Jatim) Open di Stadion Atletik Unesa, Surabaya, pada 17-19 Mei 2024. Bali meraih empat medali emas, dua perak dan dua perunggu. Sedangkan peringkat pertama ditempati Jawa Tengah (Jateng) dengan enam medali emas, enam medali perak dan satu medali perunggu.

Pelatih Atletik Bali, Wayan Muliarsana mengatakan, tiga dari empat medali emas berasal dari atlet atletik PON Bali. Sedangkan satu emas dari atlet U-20. "Di Jatim Open, kami juga mengirimkan atlet U-20. Mereka mendapat satu medali emas melalui I Ketut Parel Antara di lempar cakram putra dengan lemparan 36,77 meter," ujar Wayan Muliarsana, Senin (20/5).

I Ketut Parel Antara mendapat medali perak pula di tolak peluru dengan lemparan 13,37 meter. Peraih medali emas di nomor itu Afrizal Faiz dari PASI Kota Surakarta dengan lemparan 15,19 meter. Atlet U-20 Bali lainnya yang mendapatkan medali adalah, Ni Kadek Vira Sari Devi yang mendapat medali perunggu di nomor lari 100 meter dengan waktu 13,06 detik.

Sedangkan atlet atletik PON Bali yang meraih medali emas, Ni Kadek Rani Puspa Nirmala Sari di lompat jangkit dengan lompatan 12,29 meter, Dewi Ayu Agung Kurniayanti di nomor lari 400 meter putri dengan waktu 56, 99 detik dan AA Gede Arsa Putra di 400 meter gawang putra dengan waktu 53,02 detik.

Wayan Muliarsana memberikan apresiasi atas capaian medali emas AA Gede Arsana Putra. Sebab, nomor yang dia geluti sangat langka di Bali. Kemudian, perlengkapannya sangat minim. Namun, dia mampu meraih prestasi dengan mempersembahkan medali emas bagi Pulau Dewata.

Selain turun di nomor lari 400 meter, Dewi Ayu Agung Kurniayanti main di 200 meter. Di nomor itu, dia tidak berhasil mendapatkan medali karena berada di posisi ke empat dengan waktu 25,40 detik. Peraih medali emas di 200 meter putri diraih Sri Maya Sari dari Sumatera Selatan dengan waktu 24,39 detik. Ni Kadek Rani Puspa Nirmala Sari yang turun di lompat jauh juga berada di peringkat ke empat dengan lompatan 5,28 meter. 

"Di lompat jauh, Kadek Rani di posisi ke empat," jelas Wayan Muliarsana. Sedangkan atlet atletik PON Bali yang mendapatkan medali perak adalah Made Arya Putra Purwa Dinata di nomor lari 100 meter putra dengan waktu 10,14 detik. Peraih emas di nomor itu M. Bisma dari Samaratungga Surabaya, Jatim dengan waktu 10,06 detik. Kemudian Ni Made Eppi Wilantika meraih medali perunggu di lompat tinggi dengan lompatan 1,64 meter. Peraih emas lompat jauhnya, Nabila Fafriliani dari PASI Kabupaten Tuban, Jawa Timur, dengan lompatan 1,72 meter.

Secara keseluruhan Wayan Muliarsana menilai, atlet atletik Bali telah tampil bagus di Jatim Open. Namun, mereka masih perlu proses yang lebih untuk tampil di PON nanti. k22

Komentar