nusabali

Tiga Sekaa Gong Kebyar Duta Denpasar Siap Berlaga di PKB XLVI

Wawali: Optimalkan Sisa Waktu Persiapan, Sajikan Penampilan Terbaik

  • www.nusabali.com-tiga-sekaa-gong-kebyar-duta-denpasar-siap-berlaga-di-pkb-xlvi

DENPASAR, NusaBali - Parade Gong Kebyar hingga saat ini masih menjadi salah satu penampilan yang paling dinanti penonton dan penikmat Pesta Kesenian Bali (PKB), terlebih tahun ini format parade gong kebyar dikembalikan dengan konsep mabarung antarkabupaten/kota.

Karenanya, guna memantapkan penampilan, tiga sekaa gong kebyar yang akan menjadi Duta Kota Denpasar pada Utsawa (Parade) Gong Kebyar Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024 mengikuti pembinaan dari Tim Kesenian Provinsi Bali di Bale Banjar Tohpati, Desa Kesiman Kertalangu, Kamis (16/5) malam.  

Tiga gong kebyar yakni Sekaa Gong Kebyar Dewasa Puspa Gita, Banjar Tohpati, Desa Kesiman Kertalangu, Sekaa Gong Kebyar Anak-anak Kumara Dharma Duta Laksana, Banjar Kepisah, Kelurahan Pedungan, dan Sekaa Gong Wanita Gema Katonjaya, Banjar Tega, Kelurahan Tonja. 

Pembinaan tiga duta Denpasar ini dihadiri Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa bersama Sekda Ida Bagus Alit Wiradana. 

“Kita saksikan penampilanya sudah maksimal. Kami berharap seluruh duta kesenian Kota Denpasar yang akan berlaga di PKB, termasuk tiga sekaa gong kebyar ini terus berlatih maksimal dan menjaga penjiwaan, emosi, serta konsistensi penampilan, sehingga saat pentas nanti dapat memberikan hasil yang maksimal. Yang tak kalah penting tetap menjaga kesehatan,” ujarnya. 

Arya Wibawa juga  menekankan bahwa catatan penting dalam pembinaan agar ditindaklanjuti sebaik mungkin. Sehingga dalam penampilan nanti dapat sesuai dengan pakem, uger-uger, serta pembawaan seni itu sendiri. Termasuk juga kriteria yang menjadi syarat pementasan di PKB 2024. 

“Jadi masukan-masukan yang diberikan oleh Tim Pembina Provinsi agar ditindaklanjuti untuk maksimalnya penampilan nanti, selamat berlatih. Semangat Denpasar, berikan hasil yang terbaik dan maksimal,” tegasnya. 

Kadisbud Kota Denpasar Raka Purwantara mengatakan, sajian gong kebyar Kota Denpasar tahun ini sedikit berbeda dibanding tahun sebelumnya. Sebelumnya ketiga duta gong kebyar, yakni gong kebyar anak-anak, wanita,  dan dewasa berkolaborasi untuk tampil bersama dalam satu panggung. Namun pada 2024 ini format penampilan dikembalikan seperti sebelum pandemi Covid-19 yakni dengan konsep mabarung. 

“Untuk tahun ini kembali mabarung bersama kabupaten lainnya. Tentu ini menambah semangat dan semarak pelaksanaan PKB XLVI tahun ini,” kata Raka Purwantara. 

Materi yang akan dibawakan Sekaa Gong Kebyar Dewasa Puspa Gita adalah Tari Kreasi Kebyar Topeng Bugis, Tabuh Kreasi Pepanggulan Brare, dan Fragmentari Wiraguna Abinaya Ngeraja Kuning. 

Sekaa Gong Kebyar Anak-anak Kumara Dharma Duta Laksana akan membawakan Tabuh Kreasi Baru Kekebyaran Arunika, Tari Tenggek, dan Dolanan Nyikep. Sementara Gong Wanita Gema Katonjaya akan membawakan Tabuh Kreasi Lebur Saketi, Tari Baris Kekupu, dan Sandya Gita Pandya Aji. 

Untuk diketahui, Sekaa Gong Kebyar Dewasa Puspa Gita, Banjar Tohpati, Desa Kesiman Kertalangu akan mabarung bersama Gong Kebyar Dewasa, Komunitas Seni Saptana Jagaraga, Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar pada 27 Juni 2024. 

Sekaa Gong Kebyar Anak-anak Kumara Dharma Duta Laksana, Banjar Kepisah, Kelurahan Pedungan akan mabarung bersama Gong Kebyar Anak-anak, Sanggar Warnas Bangli, Griya Bukit Bangli, Kelurahan Cempaga, Kecamatan/Kabupaten Bangli, pada Minggu, 23 Juni 2024.

Sekaa Gong Wanita Gema Katonjaya, Banjar Tega, Kelurahan Tonja akan mabarung dengan Sanggar Seni Kumara Widya Suara, Kelurahan Tegalcangkring, Kecamatan Mendoyo, duta Kabupaten Jembrana serta Sanggar Seni Sakura Dewata, Banjar Metra Kaja, Desa Yangapi, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli pada 20 Juni 2024. @ mis

Komentar