nusabali

Sekaa Gong Langun Giri Swara Siap Jajal Panggung di PKB

  • www.nusabali.com-sekaa-gong-langun-giri-swara-siap-jajal-panggung-di-pkb

AMLAPURA, NusaBali - Sekaa Gong Anak-anak Langun Giri Swara, Desa Adat Geriana Kangin, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Karangasem, siap menjajal panggung seni di PKB XLVI tahun 2024, Kamis, 4 Juli 2024. Sekaa ini telah berlatih intensif dan dievaluasi oleh Tim Provinsi Bali.

"Secara teknis tidak ada kendala dan siap pentas. Anak-anak latihannya kompak, baik penabuh maupun penari," jelas Ketua Panitia Jro Ketut Yasa di kediamannya, Banjar/Desa Adat Geriana Kangin, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Karangasem, Selasa (14/5).

Saat menjalani pembinaan di Wantilan Pura Puseh, Desa Adat Geriana Kangin, Senin (13/5), dievaluasi langsung Tim Pembina Provinsi Bali, tidak banyak dikoreksi, baik tabuh maupun tarian. Lima pembina dari Provinsi Bali memberikan penilaian, yakni Prof Dr I Komang Sudirga SSn MHum, I Wayan Suweca SSKar MMus, Prof Dr Ida Ayu Trisnawati SST MSi, Dr Ni Made Arshiniwati SST MSi, dan Tjokorda Istri Putra Padmini SST MSn.

Dalam pentas nanti membawa dua tarian, cendrawasih dibawakan 6 penari dan dolanan dibawakan 18 penari. Keenam penari cendrawasih itu, Ni Putu Dea, Ni Kadek Nita, Ni Kadek Ovi, Ni Putu Risma, Ni Putu Ariyanti dan Kadek Mulia. Sedangkan 18 penari dolanan atau permainan anak-anak kebanyakan dari Banjar Pegubugan, Desa Duda, Kecamatan Selat.


Tarian dolanan dan cendrawasih itu di bawah pembina Ni Made Kinten. "Dolanan itu identik dengan tari permainan anak-anak, dialognya mesti lucu, kan memang dibuat seperti itu," ujar Ni Made Kinten yang telah belasan kali menggarap tari dolanan untuk PKB.

Sedangkan penabuhnya ada 37 orang, di bawah koordinasi I Wayan Pasek. Di antara penabung itu, misalnya peniup seruling I Kadek Arista, Komang Bayu Apriana, I Gede Januadi, I Ketut Angga Edi, penabuh riong I Putu Edi Permana, penabuh kantil I Komang Agus Febriana, penabuh kempur I Komang Putra Widnyana, gerong ada 4 orang: Ni Made Pradnya, Ni Luh Evi Wahyuni, Ni Ketut Sri Diantari dan Ni Kadek Ulik dan yang lainnya.

Sekdis Kebudayaan dan Pariwisata Karangasem I Wayan Witrawan yang mengoordinasikan acara pembinaan itu, mengapresiasi atas penampilan Sekaa Gong Anak-Anak Langun Giri Swara, yang telah tampil optimal, kompak dan bersemangat. "Tinggal mempertahankan kualitas tabuh dan tarian hingga di puncak pentas," jelas pejabat dari Banjar Pegubugan, Desa Duda, Kecamatan Selat, tersebut.

Dari lima pembina Provinsi Bali, juga tidak banyak memberikan koreksi, terpenting antara tari dan tabuh kompak. Hadir pula Bupati I Gede Dana, menyerahkan bantuan untuk sekaha gong, didampingi Kadis Kebudayaan dari Pariwisata I Putu Eddy Surya Arta dan undangan lainnya.7k16

Komentar