nusabali

Pemkab Gianyar Gelar Gertak PSN

  • www.nusabali.com-pemkab-gianyar-gelar-gertak-psn

Kasus DBD dari bulan Januari hingga April 2024 sebanyak 1.658 kasus.

GIANYAR, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Gianyar melaksanakan kegiatan Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (Gertak PSN) yang dipusatkan di Wantilan Pura Puseh, Banjar Penestanan Kaja, Desa Sayan, Kecamatan Ubud, Gianyar, Selasa (14/5) pagi. Kegiatan ini melibatkan seluruh elemen masyarakat mulai dari tokoh masyarakat, kader Jumantik, dan masyarakat setempat. Gertak PSN dibuka Pj Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa dilanjutkan dengan mendatangi keluarga yang terkena demam berdarah dengue (DBD). Gertak PSN untuk mencegah penyakit DBD.

Kadis Kesehatan Kabupaten Gianyar, Ni Nyoman Ariyuni mengatakan perkembangan penyakit demam berdarah dengue di Kabupaten Gianyar mengalami peningkatan. Berdasarkan data, kasus DBD di tahun 2023 sebanyak 1.142 kasus, sedangkan Januari sampai April tahun 2024 telah mencapai angka 1.658 kasus. “Jumlah kasus DBD pada tahun 2024 hingga bulan April telah terjadi peningkatan. Pada bulan Januari 294 kasus, Pebruari 266 kasus, Maret 437 kasus, dan meningkat lagi di bulan April tercatat 661 kasus,” ungkap Ariyuni. Sangat dibutuhkan kewaspadaan seluruh masyarakat.

Berbagai upaya pencegahan dan pengendalian yang dilakukan, pada akhir tahun 2023 melaksanakan fogging massal menggunakan mesin Ultra Low Volume (ULV). Awal tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Gianyar mengeluarkan Surat Edaran Sekretaris Daerah (Sekda) pada tanggal 5 Januari 2024 tentang kewaspadaan peningkatan kasus penyakit DBD guna meningkatkan peran serta masyarakat dalam melakukan pencegahan DBD.

Melakukan kegiatan PSN dengan 3M Plus oleh kader JumantIk bersama OPD pengampu desa binaan dan fogging fokus jika terjadi kasus di 4 sampai dengan 6 lokus dalam satu hari serta pemberian edukasi kesehatan secara langsung, melalui media sosial maupun iklan layanan masyarakat. “Upaya pencegahan yang efektif adalah gerakan masif bersama-sama melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan 3M Plus, dibutuhkan aksi nyata dengan melibatkan masyarakat untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk” ungkap Ariyuni.

Pj Bupati Gianyar, I Dewa Tagel Wirasa, mengatakan dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit DBD, berbagai cara telah dilaksanakan dengan melibatkan lintas sektor dan masyarakat namun pelaksanaannya belum optimal. Oleh sebab itu, sangat dibutuhkan dukungan masyarakat dalam melaksanakan gerakan serentak bergotong royong menjaga kebersihan lingkungan, termasuk pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

PSN dengan 3M Plus sangat efektif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit DBD. "Mari bersama-sama lakukan dengan menutup rapat semua tempat penampungan air, menguras bak air, dan mendaur ulang barang-barang bekas yang bisa menjadi tempat perindukan nyamuk, ditambah dengan mencegah perkembangbiakan nyamuk. Mari waspada demam berdarah, lakukan PSN 3M Plus secara rutin, lindungi diri dan keluarga," harap Dewa Tagel Wirasa. @ nvi

Komentar