nusabali

Siswa SMK TI Bali Global Klungkung Raih Prestasi Nasional

  • www.nusabali.com-siswa-smk-ti-bali-global-klungkung-raih-prestasi-nasional

SEMARAPURA, NusaBali - Empat siswa SMK TI Bali Global Klungkung meraih prestasi di tingkat nasional. Mereka memboyong medali emas dalam Olimpiade Sains Nasional bidang PKN (Pendidikan Kewarganegaraan) pada April 2024 lalu.

Keempat siswa peyumbang medali emas masing-masing Ni Wayan Suaryandini, I Dewa Ayu Murnia Dewi, Sofiyatul Hasanah, dan Kadek Sintha Nadine Prawina. Semuanya siswa kelas XI jurusan Akuntansi. Para peraih prestasi ini diumumkan saat pelepasan siswa SMK TI Bali Global Klungkung, Senin (13/5) pagi.

Sederet prestasi lainnya diraih oleh Kiki Amalia Rizqiana juara 1 bidang Tilawatil Qur'an Remaja (Putri), Indri Nurfadilah juara 3 bidang kaligrafi kontemporer (Putri), juara 2 lomba Esports Mobile Legends, juara umum Muaythai Bupati Cup dan juara 3 perorangan. 

Pengumuman para peraih medali ini untuk memberikan motivasi kepada siswa lainnya. Kasek SMK TI Bali Global Klungkung, Gusti Lanang Made Puji, mengatakan sebagai sekolah IT satu-satunya di Klungkung, Bangli, dan Gianyar selalu berusaha meningkatkan mutu pendidikan di bidang akademis maupun non akademis. 

Di era revolusi indutri 4.0 semua siswa harus memiliki kompetensi 5C (critical thingking, collaboratian, communication, creativity and confidence) dan bisa BMW (bekerja melanjutkan dan wirausaha). “Sesuai dengan tracer study untuk tahun ini sebanyak 98,9 persen, itu berarti semua siswa kami sudah terserap di dunia kerja atau melanjutkan di perguruan tinggi,” ujar Gusti Lanang Puji. Menurutnya,  ada siswa belum tamat sekolah sudah ditawari bekerja di bidang IT. 

Atas kejayaan SMK TI Bali Global Klungkung, yayasan menambah bangunan lantai 2 dan lantai 3 sebanyak 18 ruangan, termasuk aula dan lab untuk menunjang proses pembelajaran yang efektif. “Nilai proyek ini sebesar Rp 5 miliar dari Yayasan Widya Dharma Santhi Denpasar dan akan selesai akhir Mei 2024. Tahun ajaran baru gedung sudah bisa dipakai,” ujar Gusti Lanang Puji. 

Tahun ini SMK TI Bali Global Klungkung melepaskan 62 siswa dari 2 jurusan yaitu multimedia 35 orang dan TKJ (teknik komputer jaringan) 27 orang. “Ini merupakan kelulusan ketujuh,” ungkap Gusti Lanang Puji. Pelepasan siswa oleh Rektor ITB Stikom Bali Dadang Hermawan didampingi Kadisdikpora Klungkung I Ketut Sujana, Ketua Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar Ida Bagus Dharmadiaksa, perwakilan Disnaker Klungkung, dan Ketua Komite SMK TI Bali Global Klungkung I Gede Agus Prebawa. 7 wan

Komentar