nusabali

Karangasem Raih Adipura 2017

  • www.nusabali.com-karangasem-raih-adipura-2017

Buati Mas Sumatri : Ciptakan Lingkungan Ramah bagi Masyarakat 

AMLAPURA, NusaBali 
Prestasi puncak berskala Nasional ini diraih berkat kerja keras jajaran Pemkab Karangasem  dan dukungan masyarakat yang tidak pernah berhenti. Penghargaan bidang pengelolaan lingkungan hidup perkotaan ini untuk periode 2016-2017.

Bersama 68 kabupaten/kota se-Indonesia, Karangasem sudah 10 kali sejak tahun 2007 – 2014,  dan tahun 2016 – 2017, meraih Tropi Adipura (Kota kecil terbersih se-Indonesia). Sedangkan tahun 2015, Pemkab Karangasem hanya bisa meraih Sertifikat Adipura. Karangasem terus berbenah sampai mendapatkan kembali Tropi Adipura 2017.

Tropi Adipura 2017 diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI  Dr Ir Siti Nurbaya Bakar, MSc kepada Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri didampingi Kadis BLH I Nyoman Tari, Kadis PUPR I Ketut Sedana Merta dan Kadis Perkim I Made Suama pada Malam Anugerah Puncak Acara Hari Lingkungan Hidup 2017 yang dibuka Presiden RI, Joko Widodo. Acara dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, serta para Bupati dan Walikota penerima Tropi Adipura, Sertifikat Adipura dan Plakat Adipura dari seluruh Indonesia. Tempatnya, Plaza Ir Soedjono Soerjo Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (2/8/2017) malam.

Kadis LH Karangasem I Nyoman Tari mengatakan penghargaan yang diberikan Pemerintah Pusat ini merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada pemerintah dan seluruh masyarakat Kota Karangasem, atas kerja keras dan usaha dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Dia mengatakan penghargaan Adipura untuk Karangasem ini atas prestasi Pemkab menggabungkan unsur sosial dengan lingkungan guna mewujudkan kota yang layak huni. Hal ini tercermin dari masyarakat kota yang peduli lingkungan

Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri mengapresiasi dan tetap bersyukur apapun bentuk penghargaan yang diberikan pemerintah ke daerah, ”Penghargaan itu adalah milik seluruh elemen masyarakat Karangasem. Hal ini jadi motivasi kita semua agar kedepan nanti pengelolaan lingkungan hidup di Karangasem terus kita tingkatkan,” katanya.

Bupati perempuan pertama di bumi lahar Karangasem ini memaparkan, Karangasem sebelumnya telah memperoleh Tropi Adipura, dan sekali mendapatkan sertifikat Adipura pada tahun 2015. Hal itu karena perubahan kreteria penilaian. Menurut Mas Sumatri, Adipura itu diperoleh berkat partisipasi seluruh lapisan masyarakat Karangasem.

Komentar