nusabali

Tidak Ikuti CAT, 21 Peserta Seleksi PPK Pilkada 2024 Gugur

  • www.nusabali.com-tidak-ikuti-cat-21-peserta-seleksi-ppk-pilkada-2024-gugur

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 21 orang peserta seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada 2024 tidak hadir dalam tes tulis yang dilangsungkan dengan metode Computer Assisted Test (CAT), Selasa (7/5) kemarin. Mereka yang tidak hadir tanpa alasan otomatis gugur dan tidak bisa mengikuti tahapan seleksi berikutnya.

KPU Buleleng terakhir menerima 99 orang peserta seleksi PPK. Namun saat tahapan tes tulis CAT 21 orang diantaranya tidak hadir. Puluhan peserta itu tersebar 2 orang di Kecamatan Sawan, 3 orang di Kecamatan Kubutambahan, 4 orang di Kecamatan Tejakula, 6 orang di Kecamatan Gerokgak, 3 orang di Kecamatan Busungbiu, 1 orang di Kecamatan Banjar dan 2 orang di Kecamatan Sukasada. Hanya di Kecamatan Buleleng dan Seririt yang seluruh peserta seleksinya hadir.

Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana mengatakan, CAT dilaksanakan di dua lokasi. Peserta dari kecamatan Buleleng, Sukasada, Sawan, Kubutambahan dan Tejakula mengikuti CAT di SMKN 3 Singaraja. Sedangkan untuk peserta di Kecamatan Banjar, Busungbiu, Seririt dan Gerokgak, mengikuti tes di SMKN 2 Seririt. Pelaksanaan CAT dibagi menjadi dua sesi.

“Yang tidak hadir hari ini, otomatis gugur dalam tahapan berikutnya. Masing-masing peserta menjawab 75 soal dalam waktu 90 menit. Soalnya meliputi pengetahuan tentang kepemiluan dan kepemimpinan wilayah kerja masing-masing,” ucap Dudhi.

Seluruh peserta seleksi pun dapat langsung melihat hasil tesnya begitu CAT berakhir. Selanjutnya KPU Buleleng akan mengumumkan calon anggota PPK yang lolos seleksi pada tanggal 9-10 Mei mendatang. Mereka yang lolos CAT akan menjalani seleksi wawancara pada tanggal 11-3 Mei. KPU akan mengumumkan calon anggota PPK yang lolos begitu tes wawancara digelar. “Yang ditetapkan dan dilantik adalah 5 besar peserta peraih nilai tertinggi di masing-masing kecamatan. Mereka nanti akan dilantik pada tanggal 16 mei mendatang,” terang Dudhi.

Sementara itu, KPU Buleleng juga sedang berproses perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk 148 desa/kelurahan di Buleleng. Saat ini sedang dalam tahap pendaftaran peserta seleksi.7 k23

Komentar