nusabali

Kelulusan SMA/SMK/SLB Diumumkan Daring

  • www.nusabali.com-kelulusan-smasmkslb-diumumkan-daring

Laporan kelulusan SMA/SMK/SLB wajib dilaporkan kepada Disdikpora Bali melalui link yang disediakan. Namun hingga Senin (6/5) malam, belum semua sekolah mengirimkan data.

DENPASAR, NusaBali - Kelulusan siswa SMA/SMK/SLB se-Bali diumumkan masing-masing sekolah, Senin (6/5/2024). Pengumuman kelulusan dilakukan secara daring untuk menghindarkan perayaan dengan cara corat-coret pakaian. 

Kepala Sekolah SMAN 1 Denpasar Made Rida SPd MPd mengungkapkan seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 512 orang di sekolahnya dinyatakan lulus. Pengumuman dapat diakses siswa melalui website sekolah mulai pukul 10.00 Wita. 

“Siswa kami lulus semua,” ujar Rida, dikonfirmasi pada Senin malam. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pengumuman secara daring cukup efektif menekan euforia siswa merayakan kelulusan dengan cara corat-coret pakaian ataupun melakukan konvoi kendaraan. 

Meski demikian SMAN 1 Denpasar berkoordinasi dengan aparat TNI–Polri yang berada di wilayah sekolah untuk mengantisipasi siswa yang berkumpul dan melakukan aksi konvoi. 

Berdasarkan surat edaran Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali, laporan kelulusan masing-masing SMA/SMK/SLB di Bali wajib dilaporkan kepada Disdikpora Bali melalui link yang disediakan. 

Hingga Senin malam, belum seluruh sekolah mengirimkan data kelulusan siswanya. 

“Belum semua lengkap data yang masuk, mudah-mudahan besok (hari ini) sudah lengkap,” ucap Sekretaris Disdikpora Bali Made Sutarjana, Senin malam. 

Sutarjana menambahkan, dalam surat edaran Disdikpora kepada pihak sekolah telah diimbau agar pengumuman kelulusan siswa dilakukan secara daring dan melakukan koordinasi dengan aparat TNI–Polri untuk mengantisipasi kegiatan siswa yang melakukan konvoi kendaraan. 

“Daripada corat-coret, lebih baik bajunya disumbangkan,” ujarnya. 

Dikatakan, setelah pengumuman kelulusan para siswa dapat mengambil ijazah masing-masing mulai 7 Mei 2024. 

Sementara itu, aparat Polsek Kuta Utara dan Denpasar Utara berkolaborasi dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa melakukan langkah keamanan humanis, mengantisipasi euforia pelajar yang merayakan kelulusan.

Kapolsek Kuta Utara AKP Muhamad Risky Fernandez menjelaskan Polsek Kuta Utara melakukan langkah-langkah pengamanan sebelumnya dengan melakukan pendataan bagi setiap sekolah yang menggelar acara pengumuman kelulusan. Pihaknya telah mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas seperti vandalisme, konvoi di jalan yang mengganggu arus lalu lintas, dan konsumsi minuman keras dengan melakukan pengamanan dan pemantauan di titik-titik rawan yang diduga akan dijadikan lokasi perayaan siswa.

“Dalam upaya menjaga kondusifitas kamtibmas, kami melibatkan Bhabinkamtibmas dan pecalang di wilayah binaan yang memiliki sekolah yang mengadakan pengumuman kelulusan. Para siswa yang merayakan kelulusan diharapkan untuk tetap tertib, memprioritaskan keselamatan diri sendiri dan orang lain, serta tidak mengganggu ketertiban masyarakat,” ucap AKP Risky.

Upaya humanis dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Denpasar Utara Aiptu I Wayan Sudana dan Babinsa Koramil 1611-01/Dentim Serma I Nyoman Suwenda. Mereka memberikan edukasi kepada para pelajar kelas XII yang berkumpul di seputaran Jalan Anggrek, Desa Dangin Puri Kangin sedang merayakan kelulusan.

Aiptu Sudana mengingatkan agar merayakan kelulusan dengan bijaksana, tidak mengganggu ketertiban, dan memastikan keselamatan diri dan orang lain saat menggunakan jalan raya. “Melalui upaya kolaboratif ini, diharapkan momen kelulusan siswa dapat berlangsung dengan aman, damai, dan penuh kegembiraan tanpa mengorbankan keamanan dan ketertiban umum,” ujar Aiptu Sudana. 7 a, cr79

Komentar