nusabali

Mahendra Jaya Dorong Peningkatan Kualitas Manusia Bali

Dharma Santhi Inspirasi Mewujudkan Kerukunan Umat

  • www.nusabali.com-mahendra-jaya-dorong-peningkatan-kualitas-manusia-bali
  • www.nusabali.com-mahendra-jaya-dorong-peningkatan-kualitas-manusia-bali

DENPASAR, NusaBali - Pemerintah Provinsi Bali menggelar acara Dharma Santhi Nyepi Tahun Saka 1946, di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya, Denpasar, Kamis (18/4). Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya mengajak Krama Bali meneguhkan komitmen menjadi manusia Bali yang berkepribadian dalam kebudayaan dengam sumber daya manusia yang unggul.

Acara Dharma Santhi Nyepi yang mengambil tema ‘Gunamanta Jana Kerthi’ dihadiri jajaran Pemerintah Provinsi Bali, Forkopimda Bali, para sulinggih dan pemuka agama, serta tokoh dan ormas lintas agama. Pj Gubernur Bali Mahendra Jaya dalam sambutannya kembali mengingatkan seluruh komponen masyarakat di Bali untuk mayasa kerthi, melaksanakan dharma agama dan dharma negara. “Melalui tema ini kita diajak untuk introspeksi diri sekaligus meneguhkan kembali komitmen kita untuk menjadi manusia Bali yang berkepribadian dalam kebudayaan, berintegritas, unggul, dan berdaya saing,” ujar Mahendra Jaya. 

Mahendra Jaya mengajak segenap komponen masyarakat Bali untuk bekerja sama (ngerombo) dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan terus berupaya mewujudkan kedamaian dengan menjalin tali persaudaraan serta menjaga kerukunan antarumat beragama. “Orang Bali akan jengah jika tidak diikutkan dalam ngerombo untuk mengatasi persoalan,” Pj Mahendra Jaya. 

Sementara Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Wiryanata selaku penyelenggara acara Dharma Santhi mengatakan bersyukur acara Dharma Santhi dapat digelar kembali pasca Pandemi Covid-19. “Dharma Santhi merupakan ajang pertemuan untuk saling memaafkan,” ujar birokrat asal Desa Nongan, Kecamatan Rendang, Karangasem ini.

Menurut Wiryanata agama harus menjadi inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan pemaknaan demikian, agama diharapkan tidak hanya mampu mendekatkan manusia dengan Sang Pencipta, namun juga memunculkan sikap saling menghormati dan toleransi sekaligus memuliakan alam beserta isinya.n a

Komentar