nusabali

Perenang TSC Berlaga di Malaysia

  • www.nusabali.com-perenang-tsc-berlaga-di-malaysia

JAKARTA, NusaBali - Perenang Takahide Swimming Centre (TSC), Rochelle Lizzy Setiawan berlaga di Kejuaraan Malaysia Invitational Age Group Swimming Championship di Pusat Akuatik Nasional Kuala Lumpur Sport City, Bukit Jalil, 24-28 April 2024. Perenang yang akrab disapa Lizzy it, akan turun di 10 nomor. Lizzy akan berangkat pada 23 April.

"Di kejuaraan itu, Lizzy baru pertama kali ikut. Dia akan turun di 10 nomor sehingga sehari bisa dua atau tiga kali bertanding," ujar Pelatih TSC, Putu Takahide Valentino, Rabu (17/4). 

Nomor yang diikuti Lizzy adalah 800 meter gaya bebas, 100 meter gaya dada dan 200 meter gaya punggung. Kemudian 400 meter gaya bebas, 200 meter gaya dada, 400 meter ganti, 100 meter gaya punggung, 50 meter gaya dada, 200 meter gaya ganti serta 100 meter gaya kupu-kupu. 

Takahide menargetkan Lizzy mendapatkan catatan waktu terbaiknya di masing-masing kelas. Tujuannya, agar masuk limit ke SEA Age pada November 2024. Meski limit SEA Age belum keluar, tetapi setidaknya mendapatkan catatan waktu terbaiknya atau minimal di peringkat ketiga.

Karena itulah, kata Putu Takahide, Lizzy tidak langsung ditargetkan meraih medali. Menurutnya, jika Lizzy mendapatkan catatan waktu terbaiknya, otomatis akan meraih medali. Kini Lizzy terus menjalani latihan dan masuk tahap program khusus.

"Kalau anak-anak lain, latihan program umum karena mereka baru saja selesai mengikuti Porjar di Bali. Sementara Lizzy akan bertanding di Malaysia pada 24 April di Malaysia. Untuk itu, dia sudah memasuki program khusus yakni latihannya lebih spesifik untuk mencari best time dia," kata Putu Takahide, yang mantan pelatih renang nasional.

Terkait pesaing Lizzy di Malaysia, kata Takahide, Lizzy akan bertemu dengan perenang Singapura, Vietnam dan Thailand. Juga berhadapan dengan perenang dari Indonesia, seperti dari Jakarta. 

"Jakarta banyak mengirim perenang ke sana. Mereka membawa nama daerah, kalau Lizzy membawa nama klub," kata Putu Takahide. k22

Komentar