nusabali

Bus Pahala Kencana Bandung-Denpasar Terbakar di Tol Jombang

  • www.nusabali.com-bus-pahala-kencana-bandung-denpasar-terbakar-di-tol-jombang

JOMBANG, NusaBali.com - Sebuah bus Pahala Kencana dengan nomor polisi B 7426 TK terbakar di jalur Tol Jombang-Mojokerto, Jawa Timur, pada Rabu (17/4/2024) pukul 05.50 WIB, tepatnya di KM 705, Desa Blimbing, Kesamben, Kabupaten Jombang.

Bus yang melaju dari Bandung menuju Denpasar ini mengalami pecah ban kanan belakang dan percikan api dari pelek yang bergesekan dengan beton jalan tol diduga menjadi penyebab kebakaran.

Menurut Dept Head Business & Relation Asta Toll Jomo, Udhi Dwi Saputro, bus tersebut membawa 34 penumpang dan 4 orang kru. Beruntungnya, seluruh penumpang dan kru berhasil menyelamatkan diri sebelum api membakar bus.

"Alhamdulillah info awal tidak ada korban. Keseluruhan penumpang dan kru sudah keluar bus saat terjadi kebakaran," ujar Udhi saat dikonfirmasi.

Kanit PJR Jatim III Satuan PJR Ditlantas Polda Jatim AKP Yudiyono menjelaskan, kejadian ini berawal dari pecah ban belakang kanan bus yang menyebabkan pelek bergesekan dengan beton jalan tol dan menimbulkan percikan api.

"Kejadian itu menimbulkan KR bus terbakar. Posisi terakhir kendaraan di bahu jalan menghadap ke timur," jelas Yudiyono.

Petugas kepolisian telah melakukan pemeriksaan di lokasi kejadian dan meminta keterangan dari sejumlah saksi.

Pemadaman api juga sudah selesai dilakukan dan saat ini menunggu mobil derek untuk mengevakuasi bus yang terbakar.

AKP Yudiyono menduga, kebakaran terjadi akibat gesekan pelek ban yang pecah dengan beton jalan tol.

"Diduga terjadi gesekan pelek dan beton sehingga kendaraan terbakar," kata Yudiyono.

Kasus ini menjadi pengingat bagi para pengendara untuk selalu memastikan kondisi kendaraannya sebelum melakukan perjalanan jauh, terutama ban.

Pemeriksaan rutin dan penggantian ban yang sudah usang dapat meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan di jalan raya. *ant

Komentar