nusabali

Disnaker Dorong Pemuda Mengikuti Pelatihan Calon PMI

  • www.nusabali.com-disnaker-dorong-pemuda-mengikuti-pelatihan-calon-pmi

SEMARAPURA, NusaBali - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Klungkung bersurat ke desa-desa untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda dari keluarga miskin mengikuti pelatihan dan sertifikasi sebagai calon pekerja migran Indonesia (PMI).

Surat sudah dikirimkan sejak Februari 2024, pelatihan digelar pada Juni nanti. Kadisnaker Klungkung, I Wayan Sumarta, mengatakan beberapa desa sudah mengumpulkan data warga yang berminat mengikuti pelatihan. 

Setelah para peserta pelatihan terkumpul, Sumarta akan mengunjungi rumah para peserta untuk memastikan mereka mendapat dukungan dari orang tuanya. “Pelatihan ini gratis, namun biaya berangkat ke luar negeri menjadi tanggungan masing-masing peserta. Pemkab tidak boleh melakukan pembiayaan keberangkatan,” jelas Sumarta, Sabtu (13/4).

Program ini telah bergulir sejak tahun 2019. Berhasil melatih 70 pemuda dari keluarga miskin. Ada yang bekerja di luar negeri, ada juga masih training untuk bisa bekerja ke luar negeri. Bagi KK miskin yang lulus pemagangan akan diberangkatkan bekerja di kapal pesiar. Program ini serangkaian menuntaskan kemiskinan di Kabupaten Klungkung dengan menggunakan konsep berikan kail bukan ikan. 7 wan

Komentar