nusabali

Libur Lebaran Bikin Suasana Pasar Badung Lebih Lengang

  • www.nusabali.com-libur-lebaran-bikin-suasana-pasar-badung-lebih-lengang

DENPASAR, NusaBali.com - Suasana Pasar Badung di Kota Denpasar tampak lebih lengang dibandingkan hari-hari biasa pada Sabtu (13/4/2024) ini. Hal ini dikarenakan banyak pedagang yang memilih untuk mudik atau mengambil waktu libur selama Lebaran tahun 2024.

Berdasarkan pantauan, beberapa lapak di Pasar Badung terlihat tutup, terutama di lantai empat yang biasanya menjual perlengkapan upacara dan pakaian. Di sisi lain, lantai 1 sampai 3 yang menjual barang-barang sembako masih terlihat ramai seperti biasa.

Menurut Kepala Unit Pasar Badung, AA Ngr Wijaya Kusuma, sekitar 20 persen dari total 826 pedagang di Pasar Badung memilih untuk libur selama Lebaran.

"Kebanyakan yang tutup adalah pedagang di lantai empat yang menjual perlengkapan upacara dan pakaian," ujar Wijaya Kusuma.

Meskipun demikian, Wijaya Kusuma menjelaskan bahwa aktivitas jual beli sembako seperti buah-buahan dan sayuran masih terbilang stabil. Hal ini disebabkan oleh adanya peningkatan pembelian dari pelaku usaha pariwisata seperti restoran dan hotel untuk melayani wisatawan yang berlibur ke Bali.

"Penurunan aktivitas berdagang paling terasa pada jenis dagangan kuliner atau jajan yang berada di luar gedung. Sekitar 50 persen pedagang jajanan tidak berdagang selama libur Lebaran," jelas Wijaya Kusuma.

Pedagang jajanan yang memilih untuk libur mayoritas adalah pedagang muslim yang berasal dari Jawa. Mereka sudah menyampaikan izin mudik sejak H-7 Lebaran.

Namun di areal bagian luar Pasar Badung bukan hanya pedagang jajanan saja yang menghilang. Sejumlah pedagang ayam misalnya, juga belum menjajakan dagangannya alias tidak membuka lapak. Bahkan pedagang tempe dan tahun yang biasanya ada belasan, hanya tersisa di kisaran lima pedagang. 

Wijaya Kusuma memprediksi bahwa situasi jual beli di Pasar Badung akan kembali normal setelah Hari Raya Ketupat, yaitu pada tanggal 17 April mendatang. Pada saat itu, para pedagang yang mudik diperkirakan sudah kembali berjualan.

Meskipun banyak lapak yang tutup, pengamanan di Pasar Badung tetap berjalan normal. Unit Pasar Badung mengerahkan 18 personel pengamanan yang terbagi dalam 3 regu, dengan masing-masing regu beranggotakan 6 orang.*ol4

Komentar