nusabali

Bupati Giri Prasta Hadiri Karya di Pura Dalem Camusen

Ajak Krama Adat Blangsinga Ajegkan Agama, Adat dan Budaya Bali

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-hadiri-karya-di-pura-dalem-camusen
  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-hadiri-karya-di-pura-dalem-camusen
  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-hadiri-karya-di-pura-dalem-camusen

MANGUPURA, NusaBali - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri uleman Karya Mamungkah, Mupuk Pedagingan, Tawur Labuh Gentuh, Mapedudusan Agung dan Manawa Ratna di Pura Dang Kahyangan Dalem Camusen Desa Adat Blangsinga, Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar pada Soma Kliwon Krulut, Senin (8/4). Sebagai bentuk Ngastiti Bhakti kepada Ida Bhatara, Bupati Giri Prasta menyerahkan dana punia secara pribadi sebesar Rp 50 juta.

Upacara puncak karya yang dipuput oleh Ida Peranda Gede Manuaba dari Griya Manuaba Blangsinga turut dihadiri Camat Blahbatuh I Wayan Gede Eka Putra, Perbekel Desa Saba Ketut Redhana, Bendesa Adat Blangsinga I Wayan Murtika, tokoh masyarakat Blangsinga Ajik Kresna. Pada kesempatan tersebut, Bupati Giri Prasta diberikan paica berupa keris yang diserahkan langsung oleh Ida Pedanda Istri Manuaba.

Bupati Giri Prasta mengucapkan rasa syukur kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan Ida Bhatara-Bhatari yang bersthana di Pura Dang Kahyangan Dalem Camusen. Terlebih dirinya bisa hadir langsung di Desa Adat Blangsinga, Blahbatuh. Bupati Giri Prasta juga berharap seluruh krama pengempon diberikan keselamatan dan kerahayuan dalam melaksanakan upacara Karya Pujawali.

“Saya merasa bangga bisa hadir di tengah-tengah krama Desa Adat Blangsinga yang melaksanakan upacara Pujawali di Pura Dang Kahyangan Dalem Camusen. Semoga karya ini berjalan lancar sida sidaning don nemu labda karya, paripurna lan swadarma ring Kahuripan, serta secara bersama-sama ngastiti bakti, semoga Ida Hyang Widhi memberikan jalan dan anugerah bagi krama dalam melaksanakan upacara seperti sekarang ini," ucap politisi senior PDI Perjuangan ini.

Dalam pelaksanaan Pujawali, Bupati Giri Prasta mengatakan Puja itu dilaksanakan oleh Sulinggih bersama Pamangku. Sementara untuk Walinya dilaksanakan oleh Walaka, ada Sekaa Gong, Pesantian, Topeng Sidakarya, Tari Rejang Dewa dan Rejang Renteng. Inilah yang dimaksud Pujawali. “Dengan dilaksanakan upacara hari ini (kemartin,red) tidak hanya untuk kebaikan untuk Desa Adat Blangsinga, tetapi ini juga untuk kebaikan Nusantara,” tegas mantan Ketua DPRD Badung ini.

Diharapkan kepada Bendesa Adat/Prawartaka Karya untuk membuat Prasasti. Karena melalui prasasti, upacara utama ini bisa sebagai bukti kepada generasi penerus. “Terima kasih kepada krama Desa Adat Blangsinga yang sudah melaksanakan dan juga melestarikan menjaga tradisi agama, adat dan budaya yang kita cintai, Gianyar boleh maju dengan kemajuan Gianyar jangan sampai menggerus akar adat dan budaya kita,” tegasnya.

Sementara itu, Bendesa Adat Blangsinga I Wayan Murtika menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan, punia serta kehadiran Bupati Giri Prasta. Bupati Giri Prasta telah memenuhi undangan krama pengempon sekaligus menjadi upasaksi Karya Pujawali di Pura Dang Kahyangan Dalem Camusen, serta ikut ngastiti bakti kehadapan Ida Batara di Pura Dang Kahyangan Dalem Camusen.@ind

Komentar