nusabali

Sopir Bus Angkutan Lebaran Jalani Tes Urine

Terminal Mengwi Mulai Kebanjiran Penumpang

  • www.nusabali.com-sopir-bus-angkutan-lebaran-jalani-tes-urine

Pemberian vitamin juga dilakukan kepada kru bus dan penumpang sebagai upaya menjaga kesehatan selama perjalanan.

MANGAPURA, NusaBali - Para sopir bus menjalani tes urine di Terminal Tipe A Mengwi, Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Badung, Kamis (4/4) siang. Tes urine dilakukan untuk memastikan para sopir tidak menggunakan obat-obatan terlarang selama melayani arus mudik Lebaran 1445 Hijriyah.

Kepala BNN Kabupaten Badung AKBP AA Gede Mudita, turun langsung dalam pelaksanaan tes urine bagi sopir bus di Terminal Mengwi kemarin. Turut memantau Wakapolres Badung Kompol I Made Pramasetia, bersama Pengawas Terminal Mengwi dan para pejabat dan perwira Polres Badung. 

Pengawas Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Mengwi Ardani Nirwesthi, mengatakan, sopir yang menjalani tes urine sebanyak 30 orang. “Hasilnya dinyatakan negatif semua dari penggunaan obat-obatan terlarang,” ujarnya.

Pelaksanaan tes urine dan pemeriksaan kesehatan merupakan bagian dari Operasi Ketupat Agung 2024 yang berlangsung mulai 4 hingga 16 April 2024. Selain itu, pemberian vitamin juga dilakukan kepada kru bus dan penumpang sebagai upaya menjaga kesehatan selama perjalanan.


Lebih lanjut dikatakan, semarak mudik Lebaran sudah mulai terlihat sejak pekan lalu dengan meningkatnya penumpang hingga 2.000 orang per hari. “Pergerakan arus mudik dan lonjakan penumpang sudah terlihat sejak Sabtu (29/3) hingga saat ini. Diprediksi puncak arus mudik akan terjadi menjelang weekend atau cuti bersama pada Sabtu (6/4),” kata Ardani.

Berdasarkan data dari Pengawas Terminal Mengwi, mobilitas penumpang meningkat signifikan dari sekitar 700-800 penumpang per hari pada hari biasa atau normal, menjadi 1.000-2.000 penumpang per hari. “Prediksi kami puncak arus mudik bisa mencapai 3.000 penumpang,” ujar perempuan asal Solo, Jawa Tengah ini.

Untuk jumlah armada angkutan Lebaran tahun ini, lanjut Ardani, tercatat sekitar 148 bus. “Kemungkinan bisa bertambah lagi,” ucapnya.

“Bagi masyarakat kami himbau agar jaga kesehatan selama mudik. Kalau bisa mudik menggunakan transportasi umum, karena transportasi umum sudah aman dan nyaman, membeli tiket kami himbau juga agar beli secara online atau di agen resmi saja,” imbaunya. 7 cr79

Komentar