nusabali

Banjir dan Pohon Tumbang di Denpasar Pasca Hujan Deras

  • www.nusabali.com-banjir-dan-pohon-tumbang-di-denpasar-pasca-hujan-deras

DENPASAR, NusaBali.com - Hujan deras yang mengguyur Denpasar pada Kamis (4/4/2024) pagi menyebabkan sejumlah wilayah terendam banjir. Banjir terjadi di Jalan Gunung Soputan, Jalan Permata Hijau, TK. Kumara Sari, Jalan Padang Mekar, Jalan Gunung Lumut, hingga Jalan Taman Sari, Padangsambian Klod.

Selain banjir, hujan deras juga menyebabkan pohon tumbang di dua lokasi, yaitu di depan Penjor Garage Cafe di Jalan Raya Puputan dan di Jalan Singasari I, Penatih, Denpasar Timur.

Kepala UPTD PB Pusdalops BPBD Kota Denpasar, I Nyoman Gede Putra, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan penyedotan air di lokasi banjir.

"TRC BPBD telah melaksanakan kegiatan penyedotan air yang memasuki rumah warga," kata Putra.

Putra menjelaskan bahwa beberapa faktor yang menyebabkan banjir di Denpasar adalah curah hujan yang tinggi, kondisi geografis Kota Denpasar yang berada di dataran rendah, pasang surut air laut, dan terganggunya fungsi drainase.

"Faktor utama yang juga jadi penyebab adalah luapan sampah yang kemungkinan menutupi drainase-drainase, sehingga tersumbat dan mengakibatkan air meluap," terang Putra.

BPBD Kota Denpasar mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dari potensi bencana yang dapat terjadi di sekitar lingkungan tempat tinggal. *ol4

Komentar