nusabali

Giri Prasta Terbuka Dukung Satu Calon Bupati Badung 2024, Siapa Dia?

  • www.nusabali.com-giri-prasta-terbuka-dukung-satu-calon-bupati-badung-2024-siapa-dia

MANGUPURA, NusaBali.com - Suhu politik di Badung mulai menghangat dengan manuver elit partai politik jelang Pemilihan Bupati (Pilbup) Badung serangkaian Pilkada Serentak 2024.

Ada yang menyatakan siap maju jadi Badung Satu, ada yang bakal mendukung secara terbuka salah satu calon seperti yang bakal dilakukan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta.

Kepada awak media di Puspem Badung usai penyerahan hibah kepada lembaga nirlaba pada Rabu (3/4/2024), Giri terang-terangan menyatakan bakal mendukung salah satu calon Bupati Badung nanti.

Pernyataan Giri ini muncul di tengah 'pembantunya' Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa dijagokan jadi penerus Bupati Badung yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Badung ini.

"Kami harus mendukung salah satu calon (Bupati) yang ada di Kabupaten Badung," tegas Giri di Lobi Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung pada Rabu siang.

Kata Bupati Badung dua periode ini, ia siap cuti bahkan mundur dari jabatan orang nomor satu di Gumi Keris. Ini demi mendukung sosok calon yang dijagokannya dan partainya. Namun, katanya, asasnya tetap peraturan perundang-undangan soal Bupati ikut kampanye.

Saat ini, ada beberapa tokoh yang mengemuka sebagai kandidat bakal calon Bupati Badung. Beberapa di antaranya adalah elit parpol yakni Ketua DPD II Golkar Badung I Wayan Suyasa, Ketua DPC Gerindra Badung I Wayan Disel Astawa, Ketua Fraksi PDIP DPRD Badung I Gusti Anom Gumanti, dan Anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Bagus Alit Sucipta.

Dari non parpol, ada Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa. Pilbup Badung 2015, Adi Arnawa sempat meramaikan bursa kandidat namun gagal berlanjut sebagai bakal calon. Selain Adi, pamannya yang pensiunan Kepala Bapenda/Pasedahan Agung Badung I Made Sutama juga masuk bursa Pilbup Badung 2024 ini.

Dari tokoh-tokoh yang mengemuka ini, hanya Adi Arnawa yang tampak masih malu-malu. Selain lebih berhati-hati, ia juga masih berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) jika dibandingkan lima tokoh lainnya yang politikus tulen dan pensiunan ASN.

Lantas siapa yang bakal 'dibekingi' Giri Prasta dan gerbong jumbonya? Pertanyaan ini belum dijawab gamblang oleh Bupati Badung asal Desa Pelaga, Petang, Badung ini.

"Ciri-cirinya (calon Bupati Badung yang akan didukung) yang memenuhi persyaratan sebagai calon," tandas Giri menggantung. *rat

Komentar