nusabali

Golkar Munculkan Nama Sugawa Korry

Cabup Buleleng 2024, Kader Diminta Serius

  • www.nusabali.com-golkar-munculkan-nama-sugawa-korry

SINGARAJA, NusaBali - Pilkada Buleleng, November 2024 nanti akan menjadi medan pertarungan sengit. Sejumlah figur kuat pun mulai bermunculan untuk digadang-gadang maju sebagai calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) Buleleng, baik oleh partai politik maupun kelompok masyarakat. Tak ketinggalan Partai Golkar pun mulai mengelus kader potensialnya untuk maju. Golkar Buleleng sepakat akan usung Ketua DPD I Golkar Bali I Nyoman Sugawa Korry.

Sugawa Korry adalah kader militan Golkar asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Buleleng yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD Bali (2019-2024). Dia muncul menjadi sosok potensial yang diharapkan masyarakat Buleleng dapat maju dalam Pilkada 2024. Selain Sugawa Korry dari partai berlambang pohon beringin juga sempat muncul nama Ida Komang Kresna Budi, Ketua DPD II Golkar Buleleng yang juga anggota DPRD Provinsi Bali dari dapil Buleleng.

IGK Kresna Budi, Rabu (3/4) mengatakan Golkar sudah menggelar rapat terkait persiapan Pilkada Buleleng 2024. Dari hasil rapat tersebut DPD II Golkar Buleleng sepakat mengusung Sugawa Korry menjadi bakal calon Bupati Buleleng. Golkar Buleleng pun memilih akan berkoalisi dengan partai lain dan tidak mengusung sepasang cabup-cawabup. Meskipun pada Pemilu 2024 kemarin Golkar berhasil menambah kursi di DPRD Buleleng sebanyak 11 kursi atau 24,44 persen dari 45 kursi yang ada, sehingga bisa mengusung pasangan calon secara mandiri. Namun perkara dengan siapa akan berkoalisi, Golkar masih mempertimbangkan dan mengkaji dengan matang sebelum memutuskan.

“Keputusan ini sudah kompak di Fraksi Golkar DPRD Bali, DPD I Golkar Bali dan juga DPD II Golkar Buleleng. Kalau saya sudah nyaman dan agar tidak berebut dengan yang lain,” ucap Kresna Budi. Golkar Buleleng pun mengaku tidak gentar dengan sejarah kegagalannya saat mengusung Sugawa Korry sebagai bakal cabup Buleleng berpasangan dengan Luh Kertianing pada Pilkada 2007 silam. Menurut Kresna Budi, Golkar akan mulai bergerak ke anak ranting sampai ke tingkat desa/kelurahan.

“Prabowo saja pernah gagal dua kali tetapi tetap jalan dan kemarin menang. Kami segera akan komunikasikan ke PD/PK (pengurus desa/pengurus kelurahan) terkait arah partai dan juga komunikasi dengan politisi lain di Buleleng sambil menjaga silaturahmi,” imbuh politisi asal Kelurahan Liligundi, Kecamatan/Kabupaten Buleleng ini.

Sementara itu Sugawa Korry dihubungi terpisah melalui sambungan telepon mengatakan akan mengecek terlebih dahulu usulan Ketua DPD II Golkar Buleleng. Selain juga hasil rapat, aspirasi pengurus dan anggota fraksi Golkar Buleleng, termasuk aspirasi kader dari tingkat kecamatan dan desa. “Saya akan pertimbangkan kalau memang jajaran kader di Buleleng semangat dan serius, serta bersatu untuk mendukung dan bekerja. Minggu nanti saya diundang untuk berdiskusi dengan seluruh jajaran kader di kabupaten, kecamatan dan desa,” katanya singkat.

Sugawa Korry menjadi sosok kader yang potensial dari Buleleng. Pria kelahiran 9 Juni 1957 ini sudah beberapa kali duduk di DPRD Provinsi Bali. Bahkan kini menjabat sebagai Ketua DPD I Golkar Bali. Lalu pada Pemilu 2024 lalu  Sugawa Korry ditugaskan Golkar Bali untuk maju sebagai caleg DPR RI dapil Bali, bersama calon incumbent Gde Sumarjaya Linggih yang juga kader asal Buleleng. Namun hasil Pemilu lalu, Sugawa Korry belum berhasil meraih kursi DPR RI dapil Bali. Meskipun suara personal yang dikumpulkannya sebanyak 82.681 suara. 7 k23

Komentar