nusabali

Lomba Burung Lovebird Terbesar di Bali Digelar, Ratusan Peserta Adu Kicauan

Welcome Home Mommy Aviary Feat KBS-BC Cup 1

  • www.nusabali.com-lomba-burung-lovebird-terbesar-di-bali-digelar-ratusan-peserta-adu-kicauan

DENPASAR, NusaBali.com - Ajang perlombaan burung Lovebird bertajuk Welcome Home Mommy Aviary Feat KBS-BC Cup 1 sukses digelar di Gantangan Wates Sidakarya, Denpasar Selatan, pada Minggu (31/3/2024). Event ini merupakan lomba burung Lovebird pertama dan terbesar di Bali, dengan total hadiah mencapai Rp 20 juta.

Sebanyak 467 peserta dari berbagai daerah di Bali mengikuti perlombaan ini. Mereka mempertaruhkan burung Lovebird terbaiknya di 7 kategori yang dilombakan, yaitu Lovebird Dewasa Fighter, Lovebird Fighter R1, Lovebird Fighter Istimewa, Lovebird Fighter Bebas, Lovebird Konslet, Lovebird Paud Camp, dan Lovebird Baby.

Menurut Sang Ayu Tantri Pinatih, Founder sekaligus Ketua Pelaksana Welcome Home Mommy Aviary Feat KBS-BC Cup 1, event ini diadakan untuk mewadahi para pecinta burung Lovebird di Bali dan meningkatkan kualitas lomba kicau burung di wilayah tersebut.

"Lomba ini sebagai wadah bagi para pecinta seni kicau suara burung dalam menjaga tradisi, merawat harmoni pemilik dan burung Lovebird, sekaligus ajang bertukar pikiran dan mengadu gengsi supaya nama Lovebird di Bali, dan khususnya di Kota Denpasar tetap terjaga," kata Ayu.

Para peserta diuji ketangkasan dan skill kicauan burung Lovebirdnya untuk memperebutkan hadiah uang tunai, doorprize sangkar premium, beras, aksesoris lovebird, dan lain sebagainya. Total hadiah uang tunai yang disiapkan mencapai Rp 11,2 juta.


Setiap kategori yang dilombakan dibagi dalam 3 cluster. Maka, jika ditotalkan terdapat 21 cluster yang dibuka panitia. Para peserta berlomba mendulang poin sebanyak mungkin di masing-masing cluster. Jadi, yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak dari perlombaan di 3 cluster itu, berhak menjadi juara umum dari satu kategori yang dilombakan.

“Kriteria penilaian yang dipakai adalah durasi kicauan burung. Pemenangnya adalah burung yang dapat berkicau paling panjang durasinya,” kata Ayu.

Selain sebagai kompetisi, event ini juga bertujuan untuk mengikat tali silaturahmi diantara para pecinta burung. Pihak penyelenggara berencana untuk terus mengadakan event ini setiap tahunnya. *ol4

Berikut daftar peserta peraih juara umum untuk masing-masing kategori:
  • - Kategori Lovebird Dewasa Fighter: Joyoseno (nama pemilik: Ari BNR)
  • - Kategori Lovebird Fighter R1: Melody (nama pemilik: Loyor)
  • - Kategori Lovebird Fighter Istimewa: Lady Qween (nama pemilik: Agus)
  • - Kategori Lovebird Fighter Bebas: Kanjeng Ratu (nama pemilik: Mr. X)
  • - Kategori Lovebird Konslet: Cah Lanang (nama pemilik: Eddie)
  • - Kategori Lovebird Paud Camp: Berlian (nama pemilik: Bintang)
  • - Kategori Lovebird Baby: Semar Sakti (nama pemilik: Doni)

Komentar