nusabali

Kereta Eksekutif New Generation Meluncur, Begini Kelebihannya

  • www.nusabali.com-kereta-eksekutif-new-generation-meluncur-begini-kelebihannya
  • www.nusabali.com-kereta-eksekutif-new-generation-meluncur-begini-kelebihannya

JAKARTA, NusaBali.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mulai mengoperasikan Kereta Eksekutif New Generation untuk KA Argo Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi pulang pergi (PP) sejak Jumat (29/3/2024).

Pengoperasian kereta generasi baru ini merupakan bagian dari upaya KAI meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, khususnya jelang arus mudik Lebaran 2024.

"Ke depan, Kereta New Generation akan kami operasikan untuk KA-KA lainnya secara bertahap," ujar Vice President Public Relations KAI Joni Martinus.

Kereta Eksekutif New Generation menawarkan berbagai keunggulan dibandingkan kereta sebelumnya. Salah satunya, pintu masuk kereta dan antarkereta yang sudah menggunakan pintu elektrik otomatis.

"Hal ini akan semakin memudahkan pelanggan dalam membuka ataupun menutup pintu tanpa mengeluarkan banyak energi. Suara aktivitas buka-tutup pintu pun menjadi lebih senyap," kata Joni.

Keunggulan lainnya adalah passenger information display system (PIDS) yang tersedia di setiap kereta. PIDS ini menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan.

"PIDS tersebut membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi yang penting bagi pelanggan selama perjalanan," kata Joni.

Kereta Eksekutif New Generation juga dilengkapi dengan jendela tempered double glass yang lebih aman, membantu mengurangi panas dan sinar UV, serta meredam kebisingan lebih baik.

Untuk kebutuhan mengisi daya gawai, KAI menambah USB charger port pada setiap kursi, di samping stop kontak yang telah tersedia di dinding kereta.

"Keunggulan lain pada Kereta Eksekutif New Generation, yaitu pada toilet dimana tersedia keran di bagian bawah untuk membasuh kaki saat wudhu. Khusus di toilet wanita, KAI menambah meja lipat yang berfungsi untuk dudukan mengganti popok bayi," ungkap Joni.

Kereta makan di rangkaian new generation pun diperbarui menjadi lebih mewah dengan interior dan furnitur premium.

"Upgrade kenyamanan kereta yang sedang KAI lakukan ini merupakan bagian dari komitmen guna mewujudkan "Mudik Ceria Penuh Makna" pada masa angkutan Lebaran 2024," ujar Joni.

Komentar