nusabali

Walikota Serahkan LKPD Unaudited 2023 kepada BPK RI Perwakilan Bali

  • www.nusabali.com-walikota-serahkan-lkpd-unaudited-2023-kepada-bpk-ri-perwakilan-bali

DENPASAR, NusaBali - Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited Kota Denpasar Tahun 2023 kepada BPK RI Perwakilan Bali. Penyerahan laporan yang dilaksanakan serentak bersama Pemprov Bali dan kabupaten se-Bali ini diterima Kepala BPK RI Perwakilan Bali I Gusti Ngurah Satria Perwira, di kantor BPK RI Perwakilan Bali, Jumat (22/3).

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan Kick Off Meeting Pemeriksaan atas LKPD Unaudited Tahun 2023 pada pemprov dan kabupaten/kota se-Bali. 

Hadir di acara tersebut Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama, bupati se-Bali, ketua DPRD kabupaten/kota se-Bali, Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, kepala Inspektorat se-Bali. Selain penyerahan LKPD unaudited 2023, Walikota Jaya Negara juga menerima surat tugas pelaksanaan pemeriksaan dari BPK RI Perwakilan Bali. 

Gusti Ngurah Satria Perwira dalam sambutannya menjelaskan, sejak empat tahun terakhir, Pemprov Bali bersama kabupaten/kota se-Bali secara serentak menyerahkan laporan keuangan kepada BPK Perwakilan Bali. Hal ini menunjukkan komitmen besar jajaran pemprov dan pemkab/pemkot kompak dalam pelaporan keuangan. 

Dia mendorong pemerintah daerah untuk bisa kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Tidak hanya mempertahankan, peningkatkan kualitas WTP juga penting untuk ditindaklanjuti oleh pemda. 

“BPK mendorong pemda untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas dan kemanfaatan opini WTP. Untuk ini diperlukan peningkatan kompetensi SDM yang berkelanjutan,” ujarnya.  

“Kami sangat mengapresiasi capaian pemda yang telah mencapai 90-96 persen capaian indikator tindaklanjut rekomendasi WTP,” imbuh Satria Perwira.  

Walikota Jaya Negara mengatakan Pemkot Denpasar pada intinya siap mendukung suksesnya pemeriksaan rutin oleh BPK, sesuai dengan amanat undang-undang. 

Walikota Jaya Negara juga menginstruksikan seluruh jajaran OPD di lingkungan Pemkot Denpasar untuk mendukung suksesnya proses pemeriksaan. Hal ini terutama dalam menyediakam data pendukung serta pelaksanaan wawancara. 

“Kita bersyukur bisa menyerahkan laporan keuangan tepat waktu. Laporan ini tentunya masih jauh dari sampurna. Sehingga kami berharap tuntunan dan bimbingan dari BPK, sehingga Kota Denpasar kembali layak menyandang predikat WTP yang semakin berkualitas dari tahun sebelumnya,” ujar Walikota Jaya Negara. @ mis

Komentar