nusabali

30 Ton Sampah Dikumpulkan dari Pantai Legian

  • www.nusabali.com-30-ton-sampah-dikumpulkan-dari-pantai-legian

MANGAPURA, NusaBali - Sebanyak 30 ton sampah berhasil dikumpulkan dari kawasan Pantai Legian pada aksi bersih-bersih sampah yang diselenggarakan, Jumat (22/3) oleh Pengurus Pantai Desa Adat Legian bersama Bumi Kita. Ratusan orang terlebih dalam aksi ini.

“Terkumpul 15 truk setiap truk estimasi ada 2 ton sampah, jadi rata-rata sekitar 30 ton, tapi itu hasil bersih-bersih hari ini (kemarin). Jika dilihat dari sebelumnya, saat sampah lagi banyak datangnya, jika dijumlahkan bisa sampai sekitar kurang lebih 180 ton,” kata Plt Ketua Pengurus Pantai Desa Adat Legian Wayan Karmana.

Dikatakan, setiap tahun Pantai Legian menjadi sasaran sampah kiriman, seperti plastik dan kayu. Untuk mengatasi ini, selain petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Badung rutin melakukan pembersihan, kegiatan bersih-bersih seperti ini yang turut melibatkan komponen masyarakat juga kerap dilakukan.

“Kami bersama elemen yang ada di Pantai Legian, seperti pedagang, pengusaha, masyarakat sekitar Pantai Legian atau masyarakat umum ikut bergabung. Kemudian, LPM Kelurahan Legian, pengurus Pantai Desa Adat Legian, beach cleaning dan stakeholder terkait juga bersatu membersihkan sepanjang Pantai Legian,” katanya.

Karmana juga menyampaikan bahwa tanggapan dari wisatawan, baik domestik maupun internasional terhadap masalah sampah ini cukup positif, karena kebanyakan dari mereka sudah tahu dan memaklumi masalah ini. Selain itu, tak sedikit wisatawan yang turut serta dalam kegiatan membersihkan Pantai Legian, menunjukkan kepedulian mereka terhadap lingkungan. “Kami berharap kerja sama dan kepedulian ini dapat terus berlanjut demi keberlangsungan destinasi pariwisata internasional ini,” harapnya. 7 cr79

Komentar