nusabali

Nyinahang Angga, Pangdam IX/Udayana Doa Bersama di Pura Sad Kahyangan Jagad

  • www.nusabali.com-nyinahang-angga-pangdam-ixudayana-doa-bersama-di-pura-sad-kahyangan-jagad
  • www.nusabali.com-nyinahang-angga-pangdam-ixudayana-doa-bersama-di-pura-sad-kahyangan-jagad
  • www.nusabali.com-nyinahang-angga-pangdam-ixudayana-doa-bersama-di-pura-sad-kahyangan-jagad

DENPASAR, NusaBali.com - Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Bambang Trisnohadi melaksanakan kunjungan ke beberapa Pura Sad Kahyangan Jagad di Bali. Beberapa Pura yang dikunjungi, antara lain Pura Ulun Danu Batur, Pura Agung Besakih, dan Pura Goa Lawah.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah IX/Udayana, Dian Bambang Trisnohadi dan jajaran dari Kodam IX/Udayana juga turut mendampingi Pangdam IX/Udayana dalam kegiatan pada Selasa (19/3/2024).

Pura pertama yang dikunjungi oleh Pangdam IX/Udayana beserta rombongan adalah Pura Ulun Danu Batur, Kintamani. Dalam kunjungan di Kabupaten Bangli itu, rombongan dari Kodam IX/Udayana diterima langsung oleh Jero Gede Batur Duuran didampingi Jero Penyarikan Duuran, Dandim 1626/Bangli, Kapolsek dan Camat Kintamani. Kegiatan pun dilanjutkan dengan doa bersama, yang dipimpin oleh Jero Mangku Arta. 

Selanjutnya Pangdam IX/Udayana beserta rombongan melanjutkan kunjungannya ke Pura Agung Besakih, Rendang, Karangasem. Setibanya di lokasi, rombongan Kodam IX/Udayana juga disambut oleh Dandim 1623/Karangasem, Kapolres Karangasem, Camat Rendang dan Ketua Panitia Ida Bhatara Turun Kabeh. Di Pura Agung Besakih, rombongan juga melakukan doa bersama,  yang dipimpin Jero Mangku Dharma.

Kunjungan terakhir, dilakukan di Pura Goa Lawah, Dawan, Klungkung. Setibanya  di Balai Pesandekan (wantilan), Pangdam IX/Udayana bersama rombongan disambut oleh Kadis Pariwisata Kabupaten Klungkung Sulistiawati, Bendesa Pura Goa Lawah, Dandim 1610/Klungkung, Kapolsek Dawan, Camat Dawan dan tokoh Pura Goa Lawah.

Kapendam IX/Udayana, Kolonel Inf Agung Udayana, menyampaikan bahwa anjangsana Pangdam IX/Udayana tersebut pada dasarnya bertujuan untuk memperkenalkan diri (Nyinahang Angga) kepada para tokoh agama dan tokoh adat di Bali. 

“Sebagai pejabat baru di Bali, Pangdam IX/Udayana, mohon doa restu agar diberikan keselamatan, kekuatan dan kesuksesan dalam melaksanakan tugas dengan memberikan yang terbaik bagi masyarakat Bali,” kata Kapendam IX/Udayana.

Di setiap kunjungan itu, Pangdam IX/Udayana juga menyerahkan dana punia kepada masing-masing pengurus pura.

Beberapa pura yang dikunjungi dalam rangka Nyinahang Angga ini termasuk dalam Pura Sad Kahyangan Jagad. Pura tersebut termasuk dalam enam pura utama yang menurut kepercayaan masyarakat Bali merupakan sendi-sendi tegaknya Pulau Bali dan memberikan keseimbangan spiritual. *ol4

Komentar