nusabali

Atletik Siap Try Out Tiga Kali

PASI Bali Tunggu KONI Gelar Desentralisasi

  • www.nusabali.com-atletik-siap-try-out-tiga-kali

PASI menunggu keputusan KONI Bali, karena sesuai agenda akan ada desentralisasi pada bulan April nanti. Namun PASI memiliki rancangan untuk try out bagi atlet yang akan berlaga di PON Aceh-Sumatera Utara.

DENPASAR, NusaBali
Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Bali merancang try out tiga kali bagi atlet atletik PON XXI/2024. Try out ke luar daerah itu digelar pada April hingga Juni mendatang. Upaya itu diharapkan meningkatkan kemampuan dan kualitas 14 atlet atletik sebelum berlaga di Aceh dan Sumatera Utara.

Menurut Ketua Umum Pengprov PASI Bali, I Wayan Mudana, saat ini pihaknya masih menunggu keputusan KONI Bali, karena sesuai agenda akan ada desentralisasi pada bulan April nanti. Meski demikian, PASI Bali saat ini sudah memiliki rancangan untuk try out bagi atlet yang akan berlaga di PON Aceh dan Sumatera Utara. 

"Saat ini masih tunggu arahan KONI Bali. Tapi, kami tetap memiliki agenda untuk try out. Rencananya ada tiga kali try out untuk atlet-atlet kita," kata Mudana, Kamis (13/3)

Rencana itu, kata Mudana, akan dilaksanakan pada April dan Juni mendatang. Yakni, pada April akan mengikuti Jawa Timur Open di Gresik. Kemudian, pada Juni terjun di Kejuaran Nasional (Kejurnas) di Semarang, Jawa Tengah. Sedangkan untuk Jawa Barat (Jabar) Open, masih menunggu jadwal dari panitia. Langkah itupun juga akan disesuaikan dengan agenda persiapan atlet Bali ke PON nanti. 

"Ya, kalau bicara minimal, minimal dua kali kita try out. Yang sudah pasti itu dua agenda, sedangkan Jabar Open masih melihat situasi dan kondisi," kata Mudana, yang juga Perbekel Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan ini.

Mudana juga tidak memungkiri keikutsertaan atlet Bali dalam try out ini dinilai sangat penting untuk melihat perkembangan mereka sebelum turun dalam PON. Sehingga pelatih nantinya dapat memberikan evaluasi dan memberikan spirit baru terhadap mereka. Bahkan, kata Mudana, keikutsertaan mereka tidak dipatok meraih medali emas. 

"Kita memang ingin mereka dapat yang terbaik. Tapi kalau belum, tentu ada penilaian tersendiri dari pelatih untuk bahan evaluasi kepada atlet kita ini. Karena pertarungan sesungguhnya itu saat nanti turun di PON Aceh dan Sumatera Utara itu," kata Mudana.

Mudana melanjutkan, dalam ajang bergengsi PON, PASI Bali memang menaruh harapan besar kepada atlet untuk meraih emas. Maka, berbagai try out itu akan sangat penting bagian dari rangkaian persiapan mereka, termasuk untuk mengenal kondisi di lokasi event nantinya. Apalagi, untuk lokasi kegiatan itu akan berada di Sumatera Utara. 

"Pada try out ini bagian dari tolak ukur pelatih dalam evaluasi, utamanya waktu dan jarak. Maka ini benar-benar kita dorong ke 14 atlet kita untuk mempersiapkan diri," kata Wayan Mudana, mengakhiri. dar

Komentar