nusabali

BPBD Tangani 13 Titik Pohon Tumbang

  • www.nusabali.com-bpbd-tangani-13-titik-pohon-tumbang

AMLAPURA, NusaBali - TRC (Tim Reaksi Cepat) BPBD Karangasem menangani 13 titik pohon tumbang di Karangasem selama Rabu (13/3) malam hingga Kamis (14/3). Empat pohon tumbang menimpa bangunan  rumah, dan Kantor Polsek Abang hingga menyebabkan kerusakan.

"BPBD tidak sampai kewalahan melakukan penanganan, karena banyak kejadian menjadi satu jalur perjalanan. Sedangkan 15 chainsaw, semuanya layak pakai, secara teknis tidak ada kendala," jelas Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa di sela-sela penanganan di Mapolsek Abang, Banjar Abang Kaler, Desa/Kecamatan Abang, Karangasem, Kamis (14/3).

Satu-satunya penanganan paling sulit,  katanya, menangani pohon tumbang di Polsek Abang, karena tiga pohon tumbang sekaligus. Pertama pohon pule yang tumbang lalu menindih pohon belalu, selanjutnya menindih pohon kelapa, selanjutnya serentak menimpa bangunan Mapolsek Abang.

"Perlu bantuan mobil crane untuk melakukan penanganan di Mapolsek Abang, karena pohonnya cukup besar," jelas Ida Ketut Arimbawa.

Di Mapolsek Abang, ada tiga pohon tumbang sekaligus, selebihnya 9 pohon tumbang tersebar di beberapa desa.

Sebanyak 6 titik pohon tumbang di Kecamatan Manggis, masing-masing di Banjar Belong, Desa Manggis, di Banjar Tengading, Desa Antiga, di Banjar Tengah, Desa Ulakan, di Banjar Kelodan, Desa Selumbung, di Banjar Pakel, Desa Gegelang, dan Banjar Pekarangan, Desa Ngis.

Pohon tumbang di Banjar Pekarangan, Desa Ngis, Kecamatan Manggis, jenis kelapa panjang 14 meter, dan diameter 30 cm, menimpa rumah milik I Nengah Bakta.

Sedangkan pohon kelapa tumbang di Banjar Tengah, Desa Ulakan, dilaporkan petugas PT PLN, Harry Sukmawan menimpa kabel listrik.

Selebihnya, 2 titik pohon tumbang jenis pohon wangkal dan kelapa panjang 14 meter, dan diameter 30 cm, menimpa gardu listrik dan gerbang rumah di utara patung manggis, Desa Manggis.

Satu lagi, pohon albesia tumbang panjang 13 meter, dan diameter 1,5 meter di Banjar Buitan, Desa/Kecamatan Manggis dilaporkan pengendara I Gede Pande Juliantara. Penanganan dilakukan Tim TRC BPBD di bawah koordinasi I Komang Wisma.

"Banyak penanganan dilakukan secara mandiri, sehingga memudahkan petugas BPBD," kata Ida Ketut Arimbawa.

Pohon kelapa juga tumbang di Banjar Pakel, Desa Gegelang, Kecamatan manggis, menimpa rumah dan dapur milik I Wayan Darma alias Koplar, pohon itu milik I Wayan Nesa, kerugian diperkirakan mencapai Rp 45 juta. Pohon kelapa itu membelah bangunan korban dan korban selamat.

Camat Manggis I Putu Eka Putra Tirtana mengakui, banyak pohon tumbang di Kecamatan Manggis. "Penyebabnya angin kencang, banyak penanganan dilakukan secara mandiri,' jelas Camat Manggis I Putu Eka Putra Tirtana.

Beberapa pohon tumbang katanya menimpa rumah warga, hanya terjadi kerugian material, tidak ada korban jiwa.7k16

Komentar