nusabali

Caleg yang Diprediksi Lolos DPRD Bali Dapil Badung, Komposisi Parpol Sama, Ada 2 Wajah Baru

  • www.nusabali.com-caleg-yang-diprediksi-lolos-dprd-bali-dapil-badung-komposisi-parpol-sama-ada-2-wajah-baru

MANGUPURA, NusaBali.com - Komposisi partai politik (parpol) yang menyusun kursi Anggota DPRD Provinsi Bali Daerah Pemilihan (Dapil) Badung hasil Pemilu 2024 diprediksi tetap sama dengan Pemilu 2019. Namun, satu incumbent Golkar terpental dan satu incumbent PDIP tidak dicalonkan lagi.

Seperti hasil Pemilu 2019, Anggota DPRD Bali Dapil Badung masih diisi oleh satu kader Gerindra, empat kader PDIP, dan satu kader Golkar. Hanya saja, ada dua wajah baru dari PDIP dan Golkar.


Dua wajah baru ini adalah I Wayan Bawa dari PDIP dan Agung Bagus Tri Candra Arka (Gung Cok) dari Golkar. Wayan Bawa yang juga Bendesa Adat Seseh, Desa Cemagi, Mengwi ini tampil mengejutkan dengan perolehan 32.414 suara mengungguli seluruh incumbent kecuali Bagus Alit Sucipta.

Wayan Bawa yang sempat diisukan namanya dicoret dari Daftar Calon Sementara (DCS) ini menggantikan I Made Duama yang tidak dicalonkan lagi ke Pemilihan Anggota DPRD Provinsi Bali Dapil Badung oleh PDIP.

Sedangkan, Gung Cok berhasil mengguli incumbent separtainya, I Wayan Rawan Atmaja. Gung Cok yang juga tokoh asal Desa Adat Kerobokan, Kuta Utara ini sukses mendulang 21.746 suara, unggul dari Rawan yang mengamankan 19.036 suara.

Data ini berdasarkan rapat pleno penetapan perolehan suara KPU Kabupaten Badung yang digelar di Hotel Aston Denpasar pada Minggu (3/3/2024).

"Calon terpilih memang belum kami tetapkan karena menunggu pleno nasional dan register perkara di Mahkamah Konstitusi. Tetapi, kami tetapkan perolehan suara dan ranking (suara) tertinggi dari masing-masing parpol," tutur Ketua KPU Badung IGK Gede Yusa Arsana Putra di sela rapat pleno.

Berdasarkan penetapan perolehan suara Pemilu 2024 di Badung dan metode penghitungan kursi dewan Sainte Lague, calon anggota legislatif (caleg) Pemilihan Anggota DPRD Provinsi Bali Dapil Badung yang diprediksi lolos mengisi enam kursi Dewan Bali adalah sebagai berikut.

Gerindra

1. I Wayan Disel Astawa - 22.086 suara

PDIP

2. I Ketut Tama Tenaya - 17.785 suara

3. Bagus Alit Sucipta - 117.625 suara

4. I Nyoman Laka - 15.432 suara

5. I Wayan Bawa - 32.414 suara (new comer)

Golkar

6. Agung Bagus Tri Candra Arka - 21.746 suara (new comer)

Jika dibandingkan, Anggota DPRD Bali Dapil Badung Hasil Pemilu 2019 diisi oleh satu kader Gerindra I Wayan Disel Astawa; empat kader PDIP yakni I Ketut Tama Tenaya, Bagus Alit Sucipta, I Nyoman Laka, dan I Made Duama; serta satu kader Golkar yaitu I Wayan Rawan Atmaja. *rat

Komentar