nusabali

Wisatawan Serbu Tanah Lot dan Danau Beratan

  • www.nusabali.com-wisatawan-serbu-tanah-lot-dan-danau-beratan

TABANAN, NusaBali - Libur Hari Umanis Galungan membuat DTW Tanah Lot, di Desa Beraban, Kecamatan Kediri dan DTW Ulun Danu Beratan,  diserbu para wisatawan, terutama wisatawan domestik. Kunjungan di DTW Tanah Lot saat Umanis Galungan, tembus 6.435 orang dari rata-rata per hari  biasa 4.500 orang.

Sedangkan,  DTW Ulun Danu Beratan kunjungan saat Umanis Galungan tembus 2.251 orang dari hari biasa hanya 900 - 1.200 orang. 

Asisten Manager DTW Tanah Lot Putu Toni Wirawan mengatakan peningkatan kunjungan di Tanah Lot sudah terjadi saat sehari sebelum Galungan. Dan puncaknya kunjungan meningkat saat hari Umanis Galungan. "Rata-rata yang berkunjung ini adalah wisatawan domestik," ujarnya, Jumat (1/3). 

Disebutkan, meningkatnya jumlah kunjungan di setiap libur hari raya, pihaknya juga telah menyiagakan personil pengamanan untuk bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung. "Petugas gabungan mulai dari life guard, security, pecalang dengan total sekitar 12 orang setiap harinya kita siagakan untuk mengamankan wilayah terutama di pinggir pantai," jelas Toni Wirawan. 

Selain itu, kata dia, imbauan kepada wisatawan yang datang terus juga dilakukan baik secara langsung maupun melalui pengeras suara. Agar para pengunjung menjauhi dari zona zona yang dilarang untuk keselamatan mereka.

Dihubungi terpisah, peningkatan kunjungan wisatawan juga terjadi di DTW Ulundanu Beratan Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti. Di hari Umanis Galungan kunjungan tembus diangka 2.251 dari hari biasa yang hanya  900 sampai 1.200. "Wisatawan yang berkunjung lebih banyak domestik dari Jawa Tengah dan Jawa Timur," ujar Manager Ulun Danu Beratan I Wayan Mustika. 

Menurutnya, perbandingan kunjungan wisatawan antara domestik dan mancanegara memang berbeda. Yang mancanegara tercatat hanya diangka 500 orang per hari. "Mudah-mudahan kunjungan terus meningkat tak hanya saat hari raya saja," harap Mustika.7des

Komentar