nusabali

Teach4Hope Launching Program Beasiswa Pelatihan IT Gratis bagi Masyarakat Kurang Mampu di Bali

  • www.nusabali.com-teach4hope-launching-program-beasiswa-pelatihan-it-gratis-bagi-masyarakat-kurang-mampu-di-bali

DENPASAR, NusaBali - Sebuah program beasiswa pelatihan IT (Information Technology) gratis yang diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu resmi diluncurkan di Kota Denpasar pada Jumat (1/3/2024). Program ini digagas oleh Teach4Hope, sebuah lembaga bantuan sosial-pendidikan yang ingin membangun sumber daya manusia unggul melalui pembekalan keterampilan IT.

Dua kelas pelatihan yang dibuka dalam program ini adalah kelas front end development dan kelas design and branding. Direktur Teach4Hope, Tri Umi Asni, mengatakan bahwa kedua kelas ini dipilih karena tingginya peluang kerja di bidang tersebut.

"Di era digitalisasi ini, banyak tempat kerja membutuhkan tenaga kerja handal dalam bidang IT," ujar Tri Umi Asni. "Program ini ingin memberikan kesempatan bagi masyarakat kurang mampu untuk meraih peluang kerja yang menjanjikan ini."

Peluncuran program beasiswa kali ini merupakan yang pertama kali diadakan oleh Teach4Hope di Pulau Dewata. Teach4Hope yang merupakan program dari Kitabisa.com ini, ikut menggandeng Timedoor sebagai mitra kerja dalam menyukseskan program ini di Bali. 

Sebelum membuka program di Bali, Teach4Hope telah menjalankan kegiatan ini di 17 provinsi di Indonesia sejak Juli 2023. Sebanyak 40 kelas telah dibuka dan 558 peserta telah dilatih.

"Lulusan dari program ini sudah berhasil masuk di dunia kerja, dan berkesempatan bergabung di sejumlah perusahaan besar di Indonesia," kata Tri Umi Asni.

Di Bali, 30 peserta terpilih yang disebut fellowhope ini akan digembleng selama 3 bulan oleh para mentor profesional. 80 persen kegiatan pelatihan akan dilaksanakan secara offline di Timedoor, Denpasar.

Direktur Timedoor Indonesia, Yutaka Tokunaga, menekankan pentingnya kedisiplinan dan semangat juang bagi para peserta.

"Program ini bukanlah jaminan satu-satunya untuk memperoleh kesuksesan dalam dunia kerja," kata Yutaka Tokunaga. "Di tengah persaingan yang semakin ketat, semangat kerja keras juga harus ditunjukkan oleh para peserta ketika lulus dan mulai bekerja nantinya."

Pemerintah Provinsi Bali sangat mengapresiasi program ini. Plt Kabid Rehsos Dinas Sosial Provinsi Bali, Dayu Anggreni, mengatakan bahwa program ini akan membantu masyarakat Bali untuk menjawab tuntutan pekerjaan yang semakin berkembang.

Plt Kabid Rehsos Dinas Sosial Provinsi Bali, Dayu Anggreni (kiri) mengapresiasi kegiatan pelatihan. 

"Angkatan muda yang sedang mencari pekerjaan pun masih tergolong tinggi di Provinsi Bali," kata Dayu Anggreni. "Salah satu faktor yang menyebabkan hal itu terjadi adalah karena keterbatasan keterampilan yang dimiliki angkatan muda ini. Kalaupun ada, keterampilan yang dimiliki ini belum sesuai dengan kebutuhan dari sebuah perusahaan atau tempat kerja."

Di akhir acara, para peserta diberikan kesempatan untuk berkeliling dan memantau aktivitas karyawan di kantor Timedoor Jalan Tukad Yeh Aya IX No.46 Denpasar, Mereka terlihat antusias bertemu dengan para programmer dan designer profesional untuk belajar dan menimba pengalaman.

Rangkaian kegiatan pembukaan program beasiswa pelatihan IT ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Direktur Teach4Hope, Direktur Timedoor Indonesia, dan Plt Kabid Rehsos Dinas Sosial Provinsi Bali. Pemukulan gong pembukaan program ini pun, disambut meriah oleh para peserta dan tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut. *ol4

Komentar