nusabali

KPU Bangli Bersiap, Tahapan Pilkada Serentak Dimulai April 2024

  • www.nusabali.com-kpu-bangli-bersiap-tahapan-pilkada-serentak-dimulai-april-2024

BANGLI, NusaBali - Usai pelaksanaan pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) perhelatan pesta demokrasi masih akan dilanjutkan dengan Pilkada Serentak 2024. Ketua KPU Kabupaten Bangli I Kadek Adiawan, Kamis (29/2) mengatakan, tahapan Pilkada 2024 dimulai pada 17 April hingga 5 November 2024. Tahapannya dimulai dengan pembentukan badan Ad hoc.

“Badan Ad hoc yang ada saat ini baik PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) maupun PPS (Panitia Pemungutan Suara) masih terkait Pemilu 2024.  Pada April 2024 sudah mulai tahapan pembentukan badan Ad hoc untuk pemilihan Calon Gubernur, Walikota, dan Bupati,” ujar Adiawan dikonfirmasi Kamis.

Diakui Adiawan, pihaknya masih menunggu regulasi terkait dengan rekrutmen kembali PPK dan PPS untuk Pilkada 2024. “Atau mungkin ada proses perpanjangan lagi. Mengingat, PPK dan PPS untuk Pemilu 2024 ini, masa kerjanya sampai akhir Maret 2024. Begitu juga regulasi terkait tahapan pemutakhiran data pemilih,” tegas Adiawan.

“Sesuai tahapan nantinya ada pemutakhiran data pemilih lagi. Di mana prosesnya diawali penyerahan potensial data pemilih dari Kemendagri pada KPU,” imbuh dia. 

Mengenai anggaran pelaksanaan Pilkada 2024, kata Adiawan, sudah dilaksanakan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) di tahun 2023. Anggaran yang diberikan dibagi menjadi dua termin. “Karena PKPU tahapan baru kami terima, sehingga anggaran 2023 itu akan kami gunakan tahun ini (2024), ketika tahapan sudah berjalan,” ujar Adiawan. 7esa.

Komentar