nusabali

Babinsa Gilimanuk Monitoring Sembako

  • www.nusabali.com-babinsa-gilimanuk-monitoring-sembako

NEGARA, NusaBali - Personel Babinsa Koramil 1617-03/Melaya Kodim 1617/Jembrana, Serda Mohammad Adam, turun memantau stok dan harga sembako di Pasar Umum Gilimanuk, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana, Kamis (29/2). Kegiatan ini dilakukan serangkaian mendukung program ketahanan pangan dan ketercukupan kebutuhan masyarakat.

Babinsa Gilimanuk Serda Mohammad Adam mengatakan, monitoring pasar ini penting untuk mengetahui situasi dan kondisi keamanan di pasar. Salah satunya mengenai stabilitas harga sembako. Dirinya berdialog dengan para pedagang dan pembeli untuk mendapatkan informasi langsung tentang harga dan ketersediaan bahan pokok.

"Monitoring ini sebagai bentuk peran TNI Angkatan Darat dalam mengayomi masyarakat. Dengan turun ke pasar, kami bisa berkomunikasi langsung dengan pedagang dan pembeli, mendengarkan keluhan mereka, dan memastikan kenyamanan berbelanja di pasar," ucap Serda Adam.

Serda Adam pun mengimbau kepada pedagang untuk tidak menaikkan harga secara drastis jika terjadi gejolak atau lonjakan harga. Dari pantauannya, meskipun ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga, seperti cabai, bawang merah, daging sapi, minyak goreng, dan beras.

Namun, Serda Adam menegaskan, kenaikan harga sejumlah komoditas tersebut dinilai masih dalam batas wajar. "Kenaikan harga beberapa bahan pokok memang terjadi belakangan ini. Namun, dari pantauan kami, situasinya masih terkendali," ujar Serda Adam.

Serda Adam mengatakan, kegiatan monitoring pasar akan dilakukan secara berkelanjutan. Hal itu pun bertujuan menjaga stabilitas dan ketahanan pangan di wilayahnya. Terlebih dalam momentum Hari Raya Galungan dan Kuningan, termasuk Nyepi dan Bulan Ramadhan yang datang dalam waktu dekat ini.7ode

Komentar