nusabali

Pasar Badung Lengang saat Galungan, Pasar Kumbasari Tetap Ramai

  • www.nusabali.com-pasar-badung-lengang-saat-galungan-pasar-kumbasari-tetap-ramai
  • www.nusabali.com-pasar-badung-lengang-saat-galungan-pasar-kumbasari-tetap-ramai

DENPASAR, NusaBali.com - Suasana berbeda terlihat di Pasar Badung pada Hari Raya Galungan, Rabu (28/2/2024). Pasar terbesar di Denpasar ini tampak lengang, jauh berbeda dengan keramaian yang biasa terlihat di hari-hari biasa.

Sebagian besar toko di Pasar Badung tutup rapat. Dagangan dibungkus rapi dan terikat di setiap stand jualan. Akses ke beberapa tempat, seperti menuju ke lantai 2, juga ditutup sementara.

Gede Astawo (39), salah seorang petugas keamanan Pasar Badung, mengatakan bahwa hampir semua pedagang di Pasar Badung mengambil waktu libur pada Hari Raya Galungan. 

Aktivitas jual beli baru akan kembali beroperasi pada Kamis dini hari sekitar pukul 02.00 Wita.

"Para pedagang semuanya liburan Hari Raya Galungan. Terutama yang berasal dari luar Kota Denpasar, seperti Karangasem atau pun kabupaten lain, pada pulang ke kampung masing-masing. Biasanya besok para pedagang ini sudah kembali dari kampung, dan berjualan," kata Gede.

Gede menuturkan, penjagaan di Pasar Badung diperketat selama libur Galungan. Petugas keamanan bekerja ekstra untuk mengamankan barang dagangan yang ditinggalkan di lokasi. Pengamanan dibagi dalam dua shift, dengan masing-masing shift diisi oleh 6 petugas.

Pasar Kumbasari Tetap Ramai

Berbeda dengan Pasar Badung, suasana di Pasar Kumbasari terlihat lebih normal. Pada sore hari sekitar pukul 17.00 Wita, banyak pedagang yang tetap berjualan di lokasi.

Menurut salah seorang pedagang di Pasar Kumbasari, aktivitas jual beli memang tidak seramai biasanya. Hanya sekitar separuh dari total pedagang yang berjualan di hari ini.

"Ya, tidak seramai biasanya. Mungkin karena Galungan, banyak yang memilih pulang kampung," kata pedagang tersebut.

Meskipun tidak seramai biasanya, Pasar Kumbasari tetap menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin berbelanja kebutuhan sehari-hari pada Hari Raya Galungan. *ol4

Komentar