nusabali

Pernak Pernik Galungan Ramai Dicari

  • www.nusabali.com-pernak-pernik-galungan-ramai-dicari

SINGARAJA, NusaBali - Penjual perlengkapan upacara yang terbuat dari janur, menuai berkah menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan tahun 2024.

Perlengkapan upacara seperti penjor, sampian, gelungan, dan pernak-pernik lainnya mulai diburu masyarakat. Hal ini yang dirasakan para penjual perlengkapan hari raya di Pasar Anyar, Kelurahan Kampung Kajanan, Buleleng.

Menurut penuturan salah satu pedagang, Ayu Sukari peningkatan pembeli sudah mulai dirasakan saat ini. Biasanya, kata dia, akan terus meningkat mendekati hari raya “Biasanya semakin dekat, semakin banyak yang beli,” ujarnya ditemui, Senin (26/2) di kios miliknya di Pasar Anyar.

Ia merasakan adanya peningkatan penjualan. Namun ia tak menyebutkan pasti jumlah nominal peningkatan tersebut. Kata dia, masyarakat yang memburu perlengkapan upacara untuk Hari Raya Galungan dan Kuningan sudah mulai terasa banyak sejak beberapa hari lalu pada Jumat (23/2). “Penjualan sudah mulai banyak yang nyari dari hari Jumat,” lanjutnya.

Di lapak miliknya, Ayu Sukari menjual alat-alat penjor, sampian, pelengkungan atau gelang-gelang. Selain menjual pernak pernik itu, ia juga melayani penjor yang sudah jadi. Mengenai harga, ia mematok harga Rp 70.000 paling murah untuk satu set penjor. “Biasanya pesanan penjor ramai tiga hari jelang Galungan. Sekarang bahkan lebih ramai dari tahun lalu pas Covid-19,” kata dia. 7 mzk

Komentar