nusabali

Seleksi Bersama Mahasiswa Poltekpar 2024 Resmi Dibuka Menparekraf

  • www.nusabali.com-seleksi-bersama-mahasiswa-poltekpar-2024-resmi-dibuka-menparekraf

JAKARTA, NusaBali.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno, secara resmi membuka Seleksi Bersama Mahasiswa (SBM) Politeknik Pariwisata (Poltekpar) 2024, bertempat di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (26/2/2024).

SBM Poltekpar merupakan salah satu proses penerimaan mahasiswa baru di 6 Politeknik Pariwisata di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), meliputi Poltekpar NHI Bandung, Poltekpar Bali, Poltekpar Medan, Poltekpar Palembang, Poltekpar Makassar dan Poltekpar Lombok.

Dalam launching yang dilakukan bersamaan acara The Weekly Brief with Sandi Uno (WBSU) tersebut, Menparekraf menjelaskan bahwa proses SBM Poltekpar pada dasarnya berpegang pada prinsip keterbukaan, objektivitas dan akuntabel, yang bermuara pada semangat menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran. Hal ini dibuat sebagai bagian dari prinsip untuk menciptakan pendidikan yang berkarakter.

Kehadiran perguruan tinggi ini, kata Sandiaga, merupakan role model dari komitmen Kemenparekraf mendukung terciptanya sumber daya manusia di dunia pariwisata yang berkompeten dan profesional baik dari segi kualitas dan kuantitasnya. 

“Hal ini seiring dengan peningkatan pariwisata di Indonesia, peran sumber daya manusia pariwisata di Indonesia yang menjadi isu strategis untuk dipersiapkan dan dikembangkan ke depan,” kata Sandiaga Uno.

Keenam Poltekpar yang berada di bawah naungan Kemeparkraf ini menyediakan beberapa Program Studi D4, diantaranya D4 Pengelolaan Perhotelan (PPH), D4 Manajemen Akuntansi Hospitaliti (MAH), D4 Pengelolaan Konvensi dan Acara (PKA), D4 Destinasi Pariwisata (DEP), dan D4 Usaha Perjalanan Wisata (UPW), serta 3 Program Studi D3 meliputi D3 Divisi Kamar (DIK), D3 Tata Hidang (TAH) dan D3 Seni Kuliner (SKU).

Hadir juga dalam Launching SBM Poltekpar ini, Sekretaris Menparekraf/Sestama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani, Kepala Pusat Pengembangan SDM Pariwisata Kemenparekraf, Andar Danova L. Goeltom, serta enam Direktur Poltekpar. 

Kepala Pusat Pengembangan SDM Pariwisata Kemenparekraf, Andar Danova L. Goeltom, menerangkan, Kemenparekraf RI membuka kuota mahasiswa baru di Poltekpar untuk tahun 2024 sebanyak 3.660 mahasiswa. "Untuk target 15.440  pendaftar," ujar Andar.  

Jumlah ini terbagi ke dalam 2 jalur pendaftaran yakni melalui Seleksi Bersama Mahasiswa (SBM) dan Seleksi Mandiri (SM). Untuk jalur SM akan dibuka setelah pendaftaran SBM Poltekpar usai pada tanggal 4 Mei 2024.

“Sebanyak 60 persen  kuota mahasiswa baru Poltekpar diambil dari SBM Poltekpar, sementara itu 40 persen  lainnya diambil dari Seleksi Mandiri Masuk Poltekpar,” kata Andar Goeltom.

Sementara itu Direktur Poltekpar Bali, Drs Ida Bagus Putu Puja ST MKes, turut menjelaskan mekanisme seleksi  yang dibagi dalam tiga tahap, yakni seleksi potensi dan literasi, tes wawancara, dan tes kesehatan.

Seleksi potensi dan literasi akan dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2024, tes wawancara digelar mulai tanggal 6 hingga 7 Juni 2024. Jika dinyatakan lolos dalam tahap ini, peserta akan melanjutkan proses selanjutnya di tahap terakhir yakni tes kesehatan pada tanggal 10 Juli 2024.

Dengan dibukanya SBM Poltekpar 2024, diharapkan anak-anak muda yang berminat pada dunia pariwisata dapat ikut bergabung dan mendaftarkan dirinya di Poltekpar. Ada banyak keunggulan serta manfaat yang dapat diperoleh para mahasiswa dengan bersekolah di tempat ini. Selain biaya  terjangkau, para mahasiswa juga akan dipermudah dalam mencari lapangan pekerjaan apabila telah lulus nantinya.

Selain itu, proses pembelajaran di Poltekpar juga didominasi dengan kegiatan praktikum. Sebanyak 70 persen dari keseluruhan kegiatan pembelajaran akan diisi dengan kegiatan praktek, dan para mahasiswa nantinya akan dibebaskan dari biaya praktek alias gratis 

Pendaftaran SBM Poltekpar dilaksanakan secara daring melalui situs web www.sbmpoltekpar.kemenparekraf.go.id.  *ol4

Komentar