nusabali

Enam Atlet Triathlon Berlaga di Kejuaraan Asia

  • www.nusabali.com-enam-atlet-triathlon-berlaga-di-kejuaraan-asia

JAKARTA, NusaBali - Enam atlet triathlon Indonesia akan berlaga di Asian Triathlon Cup 2024 di Putra Jaya, Malaysia, Minggu (25/2). Dari keterangan tertulis, Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia (PP FTI) Armand van Kempen menyatakan, kejuaraan itu rangkaian seri lomba Triathlon Asia 2024.

"Mereka tampil di Asian Triathlon Cup Putra Jaya bukan hanya untuk mengumpulkan poin, tetapi juga menambah jam terbang dalam rangka menghadapi SEA Games 2025 Thailand. Seri berikutnya digelar di Hong Kong dan Jepang,” ujar Armand van Kempen. 

Sejak terpilih menjadi Ketua Umum PP FTI periode 2023-2027, Armand bertekad membawa kejayaan triathlon Indonesia pada SEA Games 2025 Thailand. Kemudian, meloloskan atlet triathlon ke Olimpiade 2028.

“Saya yakin atlet Triathlon Indonesia bukan hanya mampu berbicara di SEA Games 2025 Thailand, tetapi juga berpeluang menembus Olimpiade,” tegas Armand.

Keenam atlet triathlon dari dua klub. Dari Klub Jasalindo Sports, yakni Bima Muslim Perdana, Hauqallah Fakhal Arveyylo, Binta Erlen Salsabela, dan Martina Ayu Pratiwi. Sedangkan dari Klub Tricam Bandung adalah Rasyid Amila Yagin dan Muhammad Syifa Jagadnata.

Mereka didampingi pelatih asal Brasil, Cali Amaral, yang cukup terkenal di dunia Triathlon. Pada 2008 hingga 2012 Amaral menangani timnas Brasil hingga merajai Olimpiade dan Kejuaraan Dunia.

Di Asian Triathlon Cup 2024  Putra Jaya, Bima Muslim Perdana dan Hauqullah Fakhal Arveyylo akan turun di Elite Men Sprint Distance. Sedangkan Binta Erlen Salsabela dan Martiana Ayu Pratiwi di nomor Elite Women Sprinth Distance. Mereka pun, siap memberikan hasil terbaik bagi Indonesia. 

“Kita sudah di Malaysia. Semua siap tampil untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia,” kata Asisten Pelatih Klub Jasalindo, Fadli. Sedangkan Martina Ayu Pratiwi mengatakan, persaingan akan ketat. Karena itu, di Asian Triathlon Cup Putra Jaya nanti, Ayu Pratiwi, yang juga atlet triathlon peringkat enam Asia,  itu akan berusaha tampil sebaik mungkin meraih prestasi lebih baik lagi. k22

Komentar