nusabali

Polres Bandara Ngurah Rai Gelar Upacara Rsi Gana

  • www.nusabali.com-polres-bandara-ngurah-rai-gelar-upacara-rsi-gana

MANGUPURA, NusaBali - Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai menggelar upacara pamlaspas gedung baru, ngenteg linggih, padudusan alit lan mecaru Rsi Gana bertepatan dengan Purnama Kasanga, Saniscara Umanis Sungsang, Sabtu (24/2). Upacara dipuput oleh Ida Rsi Agung Dwija Shrijaya Nararya, dari Geriya Pandak Gede, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan.

Bangunan Mapolres dengan tiga lantai yang terletak di Jalan Airport Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung itu dibangun menggunakan dana hibah dari Pemerintah Kabupaten Badung sebesar Rp 20,3 miliar. Dengan selesainya gedung yang berdiri di atas lahan seluas 1.278 m2 tersebut, kegiatan Polres Bandara Ngurah Rai yang sebelumnya menempati kantor milik Angkasa Pura I, kawasan terminal domestik Bandara  Internasional I Gusti Ngurah Rai berpindah tempat. 

Sebelum upacara mlaspas kemarin, telah dilaksanakan upacara pengeruwakan, mecaru dan nanceb taring. Selain itu juga dilaksanakan upacara nunas tirta di sejumlah pura yang ada di sekitar Bandara Ngurah Rai termasuk di Pura Dalem Tuban. Nunas tirta juga dilaksanakan di Pura Sidakarya, Kecamatan Denpasar Selatan dan Pura Linggarcana di Mapolda Bali. 

Prosesi upacara kemarin dimulai sejak pukul 07.00 Wita. Upacara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, perwakilan dari stakeholder di Bandara Ngurah Rai, serta personel Polres Bandara Ngurah Rai bersama keluarga yang beragama Hindu. Selain itu hadir pula mantan Kapolres Bandara Ngurah Rai pertama AKBP Ida Ayu Wikarniti, para mantan Kapolsek, serta para purnawirawan Polri Polres Bandara Ngurah Rai. 

Kasi Humas Polres Bandara Ngurah Rai, Ipda Nyoman Darsana dikonfirmasi mengatakan, rangkaian upacara ini ditutup dengan acara piodalan dan pelaksanaan persembahyangan bersama yang diikuti oleh seluruh anggota Polres Bandara termasuk para undangan yang lainnya.

Kasi Humas Darsana juga menjelaskan, sebelum dilaksanakan upacara pamlaspas kemarin, gedung baru telah diresmikan oleh Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra bersama Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta yang digelar di Mapolda Bali, pada Sabtu (27/1). pol 

Komentar