nusabali

Polresta Ajak Umat Jaga Toleransi di Perayaan Nyepi dan Ramadhan

  • www.nusabali.com-polresta-ajak-umat-jaga-toleransi-di-perayaan-nyepi-dan-ramadhan

DENPASAR, NusaBali - Polresta Kota Denpasar kembali menginisiasi kegiatan Jumat Curhat untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam menjaga situasi keamanan dan toleransi di tengah perayaan agama.

Pada Jumat (23/02/2024) pagi, Polsek Denpasar Utara bersama Polresta Denpasar menyelenggarakan Jumat Curhat bersama pengurus Musholla dan warga Muslim di Musholla Al Ikhwan Patih Nambi, Desa Ubung Kaja, Kecamatan Denpasar Utara.

Kasi Humas Polresta Denpasar, AKP I Ketut Sukadi mengkonfirmasi “Jumat Curhat” adalah salah satu program Polri yang menitikberatkan pada interaksi langsung polisi dengan masyarakat, di mana masyarakat dapat menyampaikan keluhan, situasi kamtibmas, serta memberikan saran dan masukan langsung kepada petugas Kepolisian. Dalam pertemuan tersebut, Kapolsek Denpasar Utara (Denut), Iptu I Putu Carlos Dolesgit, S.H., M.H., menegaskan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi antara kepolisian dengan masyarakat.

Kapolsek Denut mengajak umat Muslim di Kecamatan Denpasar Utara dan warga Musholla Al Ikhwan Patih Nambi untuk menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama, khususnya dalam menyambut perayaan Nyepi dan bulan suci Ramadhan. Hal ini sebagai bentuk penghormatan terhadap perayaan agama yang berbeda-beda.

“Kami mengajak Umat Muslim di Kecamatan Denpasar Utara dan Warga Musholla Al Ikhwan Patih Nambi ini, untuk bersama - sama menjaga Toleransi, Ukhuwah Islamiyah dan Kerukunan Umat Beragama, pada pelaksanaan Tapa Brata Penyepian di Hari Raya Suci Nyepi yang berbarengan dengan Bulan Suci Romadhon, mohon masing-masing mengendalikan diri dan mengedepankan persatuan dan kesatuan”, tutup Kapolsek Denut, Iptu Carlos, Jumat kemarin.

Dalam sesi Jumat Curhat, H. Sukaedi selaku Perwakilan Pengurus Musholla Al Ikhwan Patih Nambi mengapresiasi kunjungan dari Polresta Denpasar dan Polsek Denpasar Utara. Dia juga menyampaikan harapan agar ada layanan SIM Keliling, mengingat banyak warga di sekitar musholla yang belum memiliki SIM.

“Atas kedatangan dari Bapak - Bapak Polresta Denpasar dan Polsek Denpasar Utara ini, kami sangat berterima kasih, kami ini musholla di daerah terpencil, kok yaa dikunjungi, kami senang, pada kesempatan ini juga kami meminta kiranya bisa ada SIM Keliling, banyak warga kami yang belum punya sim”, pinta H. Sukaedi selaku Perwakilan Pengurus Musholla Al Ikhwan Patih Nambi

Kapolsek Denut menyambut baik keluhan dan saran dari masyarakat terkait SIM Keliling, yang langsung ditanggapi oleh petugas Lalu Lintas Polresta Denpasar yang hadir dalam acara tersebut.

“Semua keluhan atau problem masyarakat bisa terfasilitasi dengan baik dan cepat oleh Polresta Denpasar, serta kritik saran, maupun masukan masyarakat terhadap polri untuk perbaikan menjadi tujuan bersama, terkait SIM Keliling kebetulan hadir dari Lalu Lintas Polresta Denpasar saat ini, jadi langsung ditanggapi dan diakomodir”, pungkas Kapolsek Denut yang diamini Kasat Binmas Polresta Denpasar, yang hadir di Jumat Curhat.  

Selain itu, Polresta Denpasar juga memberikan himbauan terkait larangan penyebaran narkoba dan penggunaan knalpot tidak sesuai spesifikasi pada kendaraan bermotor. Masyarakat dihimbau untuk saling mengingatkan agar putra-putrinya tidak menggunakan knalpot brong yang bisa mengganggu ketertiban umum. Dalam kesempatan yang sama, Polresta Denpasar dan Polsek Denpasar Utara menyerahkan bantuan sarkon kepada Pengurus Musholla Al Ikhwan Patih Nambi, sebagai bentuk dukungan untuk kemaslahatan umat.

“Dengan adanya kegiatan Jumat Curhat dan interaksi langsung antara kepolisian dan masyarakat, diharapkan dapat tercipta sinergi yang kuat dalam menjaga keamanan dan ketertiban bersama di Kota Denpasar, serta meningkatkan semangat toleransi antar umat beragama,” ujar AKP I Ketut Sukadi. 7 cr79

Komentar