nusabali

Wushu Pertahankan Kejuaraan Virtual

  • www.nusabali.com-wushu-pertahankan-kejuaraan-virtual

JAKARTA, Nusabali - Pengurus Besar Wushu Indonesia tetap mempertahankan pelaksanaan kompetisi wushu secara virtual yang akan digelar sepanjang 2024 sebagai upaya regenerasi atlet wushu di tanah air.

"Kejuaraan wushu tingkat domestik yang kami gelar secara virtual sejak pandemi COVID-19 masih akan dipertahankan untuk digelar pada tahun ini," kata Wakil Ketua Umum I PB Wushu Indonesia Iwan Kwok, Rabu (21/2). 

Iwan Kwok mengatakan, kejuaraan virtual yang berlangsung tiga kali setahun itu cukup mumpuni menjangkau tim-tim wushu hingga ke pulau-pulau kecil. Menurutnya, upaya meregenerasi atlet wushu tidak cukup melalui kejuaraan nasional (kejurnas) saja. Pasalnya, tidak semua pemerintah daerah memiliki kemampuan menggelar kejuaraan daerah.

"Bahkan ada daerah yang tidak menggelar kejuaraan sama sekali sehingga kami tidak tahu seperti apa bakat-bakat muda di sana," ujar Iwan Kwok.

Karena itulah, kata Iwan, kejuaraan virtual akan tetap digelar sehingga tim-tim dari daerah atau kota kecil bisa mendaftar ikut menampilkan atlet terbaiknya.

Menurut Iwan, saat ada atlet yang menunjukkan prestasi cemerlang dalam kejuaraan secara virtual maka akan dicatat PB Wushu Indonesia. Mereka selanjutnya dapat dipersiapkan mengikuti kejuaraan pada level yang lebih tinggi.

Iwan menambahkan, pelaksanaan kejuaraan secara virtual itu merupakan langkah regenerasi atlet secara berkelanjutan selain tetap melakukan pembinaan kepada para atlet junior dan senior untuk meningkatkan prestasi di berbagai kejuaraan. ant

Komentar