nusabali

Pelindo Dukung Penyandang Disabilitas Lebih Mandiri

Adakan Pelatihan Ketrampilan

  • www.nusabali.com-pelindo-dukung-penyandang-disabilitas-lebih-mandiri

DENPASAR, NusaBali - PT Pelindo mendukung peningkatan kapasitas  kemampuan penyandang disabilitas agar memiliki kemandirian, terutama dari  segi ekonomi. Salah satu dukungan tersebut melalui bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sebesar Rp.100 juta Program Difableprenuer Pelindo kepada Pemkot Denpasar.

Bantuan tersebut untuk pembiayaan program pelatihan keterampilan penyandang disabilitas "Creative Workshop", yang digelar pada Selasa (20/2), di Aula UPTD Pusat Layanan Disabilitas (PLD), Lumintang.

Sebanyak  100 orang, mengikuti pelatihan keterampilan. Mereka  terdiri dari anak penyandang disabilitas dan orang tuanya, juga para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) penyandang disabilitas yang selama ini difasilitasi di Graha Nawasena. 

Materi pelatihan keterampilan  antara lain membuat Macerame, Kreasi Perca, Bros Monte dan Bunga Stocking. Selain itu, pada pelatihan ini peserta juga akan diajarkan membuat Lukis Aparel.

Sub Regional Head PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Bali Nusra, Fariz Hariyoso, mengatakan  Pelindo memiliki perhatian terhadap peningkatan kapasitas dan kemampuan para penyandang disabilitas.

"Pelindo memberikan perhatian terhadap peningkatan kapasitas penyandang disabilitas agar nantinya memiliki kemandirian, terutama dari segi ekonomi," ungkapnya.

Pada bagian lain  Fariz, mengatakan Pelindo mengapresiasi  pelaksanaan program berbasis kewirausahaan inklusi yang selama ini gencar dilakukan  Pemkot Denpasar.

"Kami mendukung penuh program ini, sehingga para penyandang disabilitas mendapat kesempatan yang sama dalam berwirausaha,” ucapnya.

Penyerahan bantuan TJSL untuk peningkatan ketrampilan dan kapasitas penyandang disabilitas dihadiri Ketua KKKS (Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial) Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Wakil Ketua KKKS Kota Denpasar dan Ketua Dharma Wanita Persatuan/DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana serta Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswaty.

Ketua KKKS Kota Denpasar, Antari Jaya Negara mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan yang diberikan Pelindo Sub Regional Bali Nusra, yang  salah satunya  pengembangan program kewirausahaan bagi kalangan disabilitas.

"Terima kasih atas dukungan pihak Pelindo Sub Regional Bali Nusra sehingga banyak program peningkatan kapasitas disabilitas di Kota Denpasar dapat terlaksana," katanya.

Ditambahan  Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar, Laxmy Saraswaty, tujuan pelatihan agar anak penyandang disabilitas dan orang tua yang tergabung dalam kelas kreativitas disabilitas pada UPTD di bawah naungan Dinsos Kota Denpasar dapat berdaya, sehingga secara sosial ekonomi dapat mandiri. K17.

Komentar