nusabali

Satelit Merah Putih 2 Mengorbit, Konektivitas Makin Merata di Indonesia

  • www.nusabali.com-satelit-merah-putih-2-mengorbit-konektivitas-makin-merata-di-indonesia

CAPE CANAVERAL, NusaBali.com - PT Telkom Indonesia (Persero) dan anak usahanya, Telkomsat, menorehkan sejarah baru dengan meluncurkan Satelit Merah Putih 2 dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, pada Selasa (20/2/2024) pukul 15.11 waktu setempat atau Rabu pukul 04.11 WITA.

Satelit Merah Putih 2 merupakan satelit ke-11 sekaligus satelit pertama TelkomGroup yang menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS) atau dikenal sebagai broadband satelit. Diluncurkan dengan roket Falcon 9, satelit ini akan menempati slot orbit 113 derajat Bujur Timur (BT).

"Alhamdulillah, Satelit Merah Putih 2 telah berhasil diluncurkan hari ini dengan lancar. Ini merupakan milestone penting bagi TelkomGroup khususnya dalam mendukung terwujudnya pemerataan akses konektivitas di seluruh Indonesia bahkan di daerah 3T. Keberadaan Satelit Merah Putih 2 ini juga menjadi fondasi yang memperkuat portofolio bisnis satelit TelkomGroup yang dijalankan Telkomsat," ujar Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, di Cape Canaveral, Florida.

Membawa Misi Penting

Membawa kapasitas hingga 32Gbps, Satelit Merah Putih 2 membawa transponder aktif frekuensi C-band dan Ku-band, yang akan menjangkau seluruh area Indonesia.

"Sebagai negara di kawasan khatulistiwa yang memiliki curah hujan tinggi, satelit ini diharapkan dapat menjadi satelit HTS atau broadband satellite paling andal (reliable) di Indonesia. Hal ini dikarenakan kombinasi kedua frekuensi yang dimiliki di mana frekuensi C-Band adalah frekuensi yang memiliki performa paling baik terhadap curah hujan," jelas Bogi Witjaksono, Direktur Wholesale & International Service Telkom.

Satelit ini diproyeksikan untuk membawa tiga misi utama, yaitu:
  • - Meningkatkan ketahanan infrastuktur digital nasional untuk mendukung pemerataan 
  •   konektivitas di seluruh Indonesia.
  • - Mengamankan dan mempertahankan slot orbit Indonesia di 113 BT.
  • - Memperkuat portofolio bisnis satelit melalui peningkatan kapasitas internal dari 10 
  •   Gbps (Satelit Telkom 3S dan Satelit Merah Putih) menjadi 42.4 Gbps.

Teknologi Canggih untuk Indonesia

Satelit Merah Putih 2 menggunakan platform Spacebus 4000B2 dengan usia desain 15 tahun. Dipabrikasi oleh Thales Alenia Space, satelit ini dilengkapi teknologi canggih untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia.

"Satelit broadband ini memungkinkan sumber daya frekuensi yang dapat digunakan berulang (frequency reuseable), sehingga hal ini berpotensi untuk menaikkan jumlah kapasitas yang dimiliki satelit HTS," terang Lukman Hakim Abd Rauf, Direktur Utama Telkomsat.

Manfaat bagi Indonesia

Satelit Merah Putih 2 direncanakan siap beroperasi pada April 2024. Manfaat yang diharapkan dari satelit ini antara lain:

  • - Membantu pemerataan digital di Indonesia melalui penyediaan layanan backhaul 
  •   berbasis satelit.
  • - Mengembangkan bisnis maritim di Indonesia.
  • - Mendukung kedaulatan data dengan mengurangi kebergantungan kapasitas satelit 
  •   asing.

Peluncuran Satelit Merah Putih 2 merupakan langkah besar Telkom dalam mewujudkan komitmennya untuk membangun konektivitas digital yang merata dan berkualitas di seluruh Indonesia.

Komentar