nusabali

Suyasa Makin Mantap Tarung ke Badung 1

Amankan 10 Kursi Dewan, Bisa Mengusung Cabup Secara Mandiri

  • www.nusabali.com-suyasa-makin-mantap-tarung-ke-badung-1

MANGUPURA, NusaBali - Ketua DPD II Golkar Kabupaten Badung, I Wayan Suyasa semakin mantap menatap pertarungan Pilkada Badung pada November 2024, menyusul hasil gemilang yang diperoleh Partai Golkar Badung di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Golkar membukukan kemenangan dengan memastikan merebut 10 kursi dari total 45 kursi DPRD Badung. Bahkan, Ketua DPD II Golkar Badung, Wayan Suyasa memprediksi perolehan kursi Partai Golkar bisa tembus 11 kursi. Kursi ke-11 tersebut berpeluang diraih Golkar, karena masih ada kecamatan yang proses pleno.

Pada Pileg 2019, Golkar merebut 7 kursi dari total 40 kursi dewan di Badung. Golkar meloloskan I Wayan Suyasa, I Gusti Ngurah Saskara, Anak Agung Ketut Nadi Putra, Ni Ketut Suweni, Ni Luh Gede Sri Mediastuti, I Nyoman Suka, Nyoman Karyana.

Dengan perolehan minimal 10 kursi dari total 45 kursi di Badung tersebut, Golkar sudah bisa memenuhi syarat 20 persen (perolehan kursi parlemen atau perolehan suara hasil Pileg,red) untuk mengusung pasangan calon kepala daerah di Pilkada Badung 2024. 

“Untuk bisa mengusung calon bupati dan calon wakil bupati partai politik harus memiliki minimal 20 persen suara atau  9 kursi dewan dari hasil pemilu legislatif. Kalau 10 kursi sudah aman, ya sekitar 22 persen kita punya modal, sehingga bisa mengusung calon secara mandiri,” ujar Suyasa.

Suyasa menyebutkan, Golkar masih menunggu proses pleno di tingkat kecamatan. Kata dia tidak menutup kemungkinan tambahan 1 kursi menjadi 11 kursi akan terwujud. “Saat ini aman 10 kursi DPRD Badung. Dan kita prediksi bisa 11 kursi diperoleh Partai Golkar. Perpeluang menambah 1 kursi dari Dapil Kecamatan Abiansemal yang saat ini proses rekapitulasi,” ujar politisi asal Desa Penarungan, Kecamatan Mengwi ini.

Suyasa yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Badung sudah pasti mengantongi tiket alias rekomendasi DPP Partai Golkar untuk maju ke Badung 1 (Bupati Badung). Bahkan, Ketua Umum DPP Golkar, Airlangga Hartarto dalam beberapa kali kegiatan ke Bali menyampaikan Suyasa akan dicalonkan sebagai Cabup Badung. 

Airlangga pun meminta Suyasa terus bekerja dan turun ke masyarakat untuk menyiapkan diri tarung di Pilkada Badung. “Saya tegak lurus dengan perintah partai. Apa yang kami raih di Pileg 2024 ini merupakan kepercayaan rakyat. Dengan perolehan 10 kursi di legislatif saya siap tarung menuju Badung 1,” tegas Suyasa.n nat 

Komentar