nusabali

Bertahan 22 Kursi, 4 Caleg Incumbent Tumbang

Prediksi Caleg PDIP yang Lolos ke DPRD Denpasar

  • www.nusabali.com-bertahan-22-kursi-4-caleg-incumbent-tumbang

DENPASAR, NusaBali - DPC PDIP Denpasar memprediksi tetap bisa mempertahankan 22 kursi di DPRD Kota Denpasar. Namun di internal partai diperkirakan ada 4 incumbent yang harus tumbang digantikan new comer (pendatang baru).

Informasi yang dihimpun, di Dapil 1 Denpasar Barat PDIP diperkirakan tetap mempertahankan tiga kursi. Namun, dua incumbent diprediksi tumbang, yakni I Ketut Beji dan I Gusti Ngurah Made Namiarta keduanya disundul new comer I Gede Westra dan Ni Luh Gede Ernawati yang merupakan istri dari Perbekel Tegal Harum, Denpasar Barat. Sementara 1 kursi masih diduduki incumbent, yakni Anak Agung Putu Gede Wibawa.

Incumbent juga diprediksi tumbang di Dapil 2 Denpasar Barat bahkan PDIP diperkirakan kehilangan 1 kursi yang sebelumnya (Pileg 2019) memperoleh 4 kursi. Incumbent yang tumbang, yakni Cynthia Febriani, sehingga di Dapil 2 PDIP hanya mendapatkan tiga kursi yang diduduki incumbent Ida Bagus Ketut Wirajaya, I Nyoman Tanan Jaya Asmara Putera dan I Nyoman Karisantika. 

Selain itu di Dapil 3 Denpasar Utara masih tetap dipegang incumbent dengan 6 kursi, yakni Ketut Suteja Kumara, Nyoman Sumardika, Eko Supriadi, Bagus Jagra Wibawa, Nyoman Gede Sumara Putra, I Wayan Sutama. Di dapil 4 Denpasar Timur 1 incumbent juga diprediksi tumbang, yakni I Putu Gde Menala Wisnawa digantikan new comer I Made Mudra, mantan Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Denpasar. 

Sementara di Dapil 5 Denpasar Selatan jumlah kursi bertambah dari 2019 yang hanya 5 kursi kini menjadi 6 kursi. Penambahan tersebut menutup kehilangan kursi di Dapil 2 Denpasar Barat. Caleg yang lolos di Denpasar Selatan ada 3 incumbent, yakni I Wayan Suadi Putra, I Nyoman Darsa, Luh Putu Mamas Lestari, sementara 3 new comer diprediksi diperoleh Anak Agung Gede Putra Ariewangsa, Putu Melati Purbangningrat Yo dan Gusti Ngurah Gede Wirawan. 

Ketua DPC PDIP Denpasar, I Gusti Ngurah Gede yang ditemui di sela-sela kegiatan rekapitulasi hasil penghitungan suara di Kecamatan Dentim mengaku cukup sulit memenuhi target yang dibebankan DPP PDIP. Pasalnya, untuk target minimal pihaknya harus menambah dua kursi dan target maksimalnya lima kursi. “Melihat kondisi saat ini, kami cukup sulit untuk memenuhi target tersebut. Minimal bisa bertahan saja sudah cukup baik,” ujar Ngurah Gede.

Dikatakannya, suara saat ini masih naik turun. Jadi, hasil suara keseluruhan masih menunggu pleno rekapitulasi dari KPU Kota Denpasar. "Kita tunggu saja hasil pleno, diprediksi ya kami tetap kunci 22 kursi. Tapi ada incumbent yang memang tidak lolos tapi digantikan new comer," ujarnya. 

Sementara, penurunan kursi juga dialami Partai Demokrat Denpasar. Menurut caleg DPRD Denpasar dari Demokrat, Made Sukarmana partainya yang sebelumnya bisa membentuk satu fraksi dengan 4 kursi, kini diprediksi terpaksa harus bergabung dengan partai lain. 

Karena hasil pemilu kali ini, Demokrat harus kehilangan dua kursi, sehingga masih tersisa dua kursi saja. “Saat ini dari hasil rekap sementara hanya dua yang lolos ke DPRD Denpasar, yaitu saya di Dapil 4 Denpasar Timur dan Anak Agung Ketut Asmara Putra di Dapil 2 Denpasar Barat,” ujar Sukarmana yang diprediksi kembali melaju ke kursi dewan ini. 7 mis

Komentar