nusabali

Naik Motor, Pj Bupati Lihadnyana Pantau PSU di 2 TPS Desa Pedawa

  • www.nusabali.com-naik-motor-pj-bupati-lihadnyana-pantau-psu-di-2-tps-desa-pedawa

SINGARAJA, NusaBali - Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan jajaran memantau langsung Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 4 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Banjar, Selasa (20/2) pagi. Khusus di TPS 5 Desa Pedawa, Pj Lihadnyana memilih naik sepeda motor karena akses jalan menuju TPS yang agak sempit.

Pemantauan diawali di TPS 4 dan TPS 5 Desa Temukus, Kecamatan Banjar yang masih dalam satu lokasi. Dua TPS ini melangsungkan PSU untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres). Selanjutnya rombongan Pj Bupati bergerak ke TPS 6 Desa Pedawa. Terakhir menuju TPS 5 Desa Pedawa yang lokasinya agak ke dalam.

Meski demikian Lihadnyana dan rombongan tidak mau melewatkan pemantauan di TPS tersebut hanya gara-gara akses jalan dan lokasi yang masuk ke dalam. Dia dan Forkopimda ingin memastikan seluruh pelaksanaan PSU berjalan dengan aman, lancar dan damai. Masyarakat Pedawa yang antusias menyambut kunjungan pejabat langsung berinisiatif dan menawarkan diri untuk membonceng Pj Bupati Buleleng menuju titik TPS. 

Ditemui usai pemantauan, Lihadnyana mengungkapkan pelaksanaan PSU di empat TPS tersebut berjalan dengan baik, lancar, aman, dan damai. Antusias masyarakat juga masih tinggi untuk mengikuti PSU ini. Masyarakat diharapkan untuk saling menghargai pilihan sehingga seluruh tahapan Pemilu Serentak 2024 berjalan dengan lancar dan aman. “Semuanya berjalan dengan baik. Partisipasi masyarakat juga sangat baik. Mari kita jaga semua ini sampai seluruh tahapan Pemilu Serentak 2024 selesai,” ungkapnya.

Dia menyebut PSU yang berlangsung di 4 TPS Kabupaten Buleleng akan menjadi evaluasi seluruh pihak agar ke depan pelaksanaan Pemilu maupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bisa berjalan lebih baik. Lihadnyana menyebut Pelaksanaan Pemilu di Buleleng patut disyukuri. Sebab secara umum relatif berjalan dengan lancar, aman, dan tidak ada insiden yang berarti. Sehingga dalam Pemilu masyarakat bisa memilih pemimpin-pemimpin yang bisa membawa pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Buleleng.

“Kami dari pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Buleleng yang telah menggunakan hak pilihnya dan menjaga Buleleng ini tetap damai,” ujar Lihadnyana. Sejauh ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng mendukung penuh pelaksanaan Pemilu 2024. Termasuk membantu memfasilitasi sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi penggunaan hak suara oleh masyarakat Buleleng.

Sementara itu Ketua KPU Buleleng, Komang Dudhi Udiyana menjelaskan persiapan PSU sudah dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Surat C Pemberitahuan sudah didistribusikan dengan baik dan sudah diterima oleh seluruh pemilih. Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 5 Pedawa berjumlah 292 orang dan TPS 6 Pedawa berjumlah 273. Sedangkan di TPS 4 Desa Temukus ada 283 orang dan TPS 5 sebanyak 248 orang. 

“Persiapan dan upaya pemberitahuan untuk PSU sudah dilakukan sebelumnya. Harapan kita masyarakat yang ada di DPT dapat hadir melakukan pemilihan ulang secara maksimal,” papa Dudhi. KPU Buleleng pun pada hari yang sama melanjutkan proses rapat pleno penghitungan suara di tingkat kecamatan yang sempat tertunda karena perbaikan Si Rekap. Menurutnya PSU di 4 TPS ini tidak akan berpengaruh terhadap rapat pleno, karena dua desa yang menyelenggarakan PSU sudah dijadwalkan mengikuti pleno setelah proses PSU selesai. @ k23

Komentar