nusabali

Buleleng Diharapkan Loloskan Banyak Atlet ke Peparnas 2024

  • www.nusabali.com-buleleng-diharapkan-loloskan-banyak-atlet-ke-peparnas-2024

JAKARTA, NusaBali - Pensiun dari atlet, Putu Christiani fokus menjadi Ketua Nasional Paralympic Committe (NPC) Indonesia Kabupaten Buleleng sekaligus pelatih para atletik. Dengan dua posisi yang diemban tersebut, Putu Christiani berharap mampu meloloskan banyak atlet asal Kabupaten Buleleng untuk membela Bali pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut).

"Peparnas 2021 Papua, Buleleng meloloskan lima atlet. Di Peparnas 2024, saya berharap minimal sama seperti di Papua. Jika bisa, lebih banyak lagi atlet dari Buleleng lolos ke Peparnas membela Bali," ujar Putu Christiani, Senin (19/2).

Di Peparnas 2021 Papua, atlet Buleleng yang memperkuat Bali ada tiga orang di cabang olahraga (cabor) para atletik, satu di para tenis meja dan satu di cabor para bulutangkis atas nama dirinya sendiri. Hasilnya, dua atlet para atletik mempersembahkan medali bagi kontingen Bali.

"Pertama Putu Ari Astuti meraih medali emas lempar lembing, medali perak lempar cakram dan medali perunggu di tolak peluru. Kedua, Gede Adi Mahardika mendapat medali perak di tolak peluru dan medali perunggu di lempar cakram," kata Putu Chistiani, yang pernah membela Indonesia di Asian Para Games 2018 Jakarta ini.

Sebenarnya Putu Ari Astuti, berpotensi meraih tiga medali emas. Karena selama latihan, dia selalu mendapatkan hasil bagus. Tapi saat bertanding, hasilnya tidak sesuai dengan yang diperoleh saat berlatih. Hal itu, tidak terlepas saat bertanding, Putu Ari tidak didampingi Putu Christiani sehingga mempengaruhi penampilannya. 

"Atlet biasanya akan merasa nyaman bila didampingi pelatihnya langsung, karena dia akan mudah pula menerima instruksi dari pelatih," jelas Putu Christiani, yang meraih emas lempar cakram ASEAN Para Games 2013 Myanmar ini.

Untuk Peparnas 2024, Putu Ari Astuti dan Gede Adi Mahardika berpeluang membela Bali. Putu Christiani berharap, keduanya dapat meningkatkan prestasinya. 

Selain di para atletik, Buleleng juga punya kans meloloskan atlet di para catur. Sebab, saat Kejurprov tahun lalu atlet para catur Buleleng meraih dua emas. 

Lalu atlet para renang Buleleng juga berpeluang membela Bali di Peparnas 2024. Mereka meraih medali emas pada Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) 2023 di Palembang, Sumatera Selatan.

Usai Kejurprov, lanjut Putu Christiani, atlet Buleleng terus latihan bersama secara rutin empat kali seminggu. Selain itu, mereka latihan mandiri di rumah masing-masing. Pasalnya, akan ada seleksi pertama pada Maret nanti. k22

Komentar