nusabali

Vila Terbakar Hebat, Dua WNA Terluka

  • www.nusabali.com-vila-terbakar-hebat-dua-wna-terluka

MANGAPURA, NusaBali - Kebakaran hebat melanda Villa Taman Ahimsa di Jalan Pantai Mengening, Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Senin (19/2) dinihari pukul 03.15 Wita. Selain bangunan, peristiwa kebakaran ini juga menyebabkan dua orang Warga Negara Asing (WNA) mengalami luka lecet dan retak pada kaki. Barang milik seorang WNA dalam koper yang berisi paspor juga tidak terselamatkan dalam peristiwa ini.

Villa Taman Ahimsa saat kebakaran ditempati oleh 7 orang tamu. “Salah seorang WNA perempuan mengalami luka lecet pada kaki karena saat dievakuasi berjalan di pantai dalam keadaan gelap dan saat itu kakinya tergores batu pantai. Seorang lagi laki-laki mengalami retak pada kaki karena lompat dari bangunan menuju ke pantai setelah dirinya menyelamatkan koper dengan melemparnya dari atas menuju ke pantai. Selain itu ada koper yang tidak dapat diselamatkan dan di dalamnya ada paspor milik seorang WNA yang ikut terbakar,” jelas Nyoman Maliastra, security vila saat ditemui, Senin kemarin. 

Korban telah dibawa ke Rumah Sakit Siloam Hospitals di Jalan Sunset Road Kuta, Badung untuk mendapatkan penanganan medis. Kerugian materiil mencakup 7 blok hunian kamar vila, 1 blok bar, 1 blok balai massage, 1 blok kitchen, 1 blok staf room, dan 1 blok gudang. Saat ini, kerugian yang dialami akibat kebakaran tersebut belum dapat ditaksir secara pasti, namun pihak terkait terus berupaya melakukan pendataan dan evaluasi lebih lanjut terkait insiden ini.


Maliastra menjelaskan api awalnya muncul di kamar atas, namun sumber api tidak diketahui. Bangunan vila menggunakan atap alang-alang, bahan kayu, dan bambu yang membuat mudah terbakar. Saat ini vila tersebut ditutup sementara. “Syukur 7 WNA yang menginap di sini saat kejadian mereka semua sedang tidak ada di kamar, semuanya ada di pool bar. Mereka sedang berenang di kolam renang. Saat itu seorang tamu melihat api muncul di kamarnya, hanya 2 orang yang lari untuk menyelamatkan barang-barangnya dan menyebabkan ada korban luka tersebut,” ujar Maliastra.

Kasi Humas Polres Badung, AKP I Ketut Sudana saat dikonfirmasi mengatakan kebakaran berawal saat saksi I Wayan Sarwita, dan I Putu Hendra Badrianto yang sedang mengawasi tamu melihat asap pada kamar di blok vila di atas lobi. Saksi segera melakukan upaya pemadaman dengan alat pemadam api ringan (APAR), namun api sudah terlalu besar untuk dikendalikan. Kobaran api pada bagian atap vila dengan cepat membesar hingga menyebar ke hunian blok vila lainnya, terlebih bangunan Villa Taman Ahimsa sebagian besar menggunakan material bambu, kayu dan beratap alang-alang.

Tamu-tamu kemudian dievakuasi ke pantai sementara saksi kembali ke vila untuk menyelamatkan barang-barang pribadi mereka. Sekitar pukul 04.15 Wita mobil pemadam datang lalu melakukan pemadaman. Setelah dikerahkan 7 (tujuh) unit mobil pemadam kebakaran, akhirnya api dapat dipadamkan pukul 07.00 Wita. Kapolsek Mengwi, Kompol I Ketut Adnyana mengungkapkan sumber kebakaran sedang diselidiki oleh pihak kepolisian. "Kami masih menyelidiki penyebab atau pemicu kebakaran ini," ucapnya. 7 cr79

Komentar