nusabali

Demokrat Berpeluang Tambah 3 Kursi di DPRD Jembrana

  • www.nusabali.com-demokrat-berpeluang-tambah-3-kursi-di-dprd-jembrana

NEGARA, NusaBali - Partai Demokrat diprediksi menjadi salah satu partai yang berhasil menambah kursi di DPRD Jembrana pada Pileg 2024 ini. Partai berlambang Mercy ini berpeluang merengkuh 6 kursi dari 35 kursi di DPRD Jembrana. Raihan kursi itu bertambah 3 atau naik mencapai 100 persen dibanding raihan pada Pileg 2019 yang hanya 3 kursi.

Selain menambah kursi di DPRD Jembrana, Demokrat juga kembali merebut 1 kursi dari 4 kursi DPRD Bali Dapil Kabupaten Jembrana yang gagal dipertahankan I Nengah Tamba sebelum menjadi Bupati Jembrana pada Pileg 2019 lalu. Namun pada Pileg 2024 ini, Demokrat sudah pasti mengamankan 1 kursi DPRD Bali Dapil Kabupaten Jembrana yang diraih I Gede Ghumi Asvatham yang notabene putra sulung Bupati Tamba.

Sedangkan 6 kursi yang berpeluang diamankan Demokrat di DPRD Jembrana pada Pileg 2024 ini, tersebar di 4 wilayah dari 5 dapil se-Jembrana. Rinciannya, 2 kursi di Dapil Jembrana 1 (Kecamatan Negara), 1 kursi di Dapil Jembrana 2 (Kecamatan Melaya), 2 kursi di Dapil Jembrana 4 (Kecamatan Mendoyo), dan 1 kursi di Dapil Jembrana 5 (Kecamatan Jembrana). Demokrat hanya gagal merebut kursi di Dapil Jembrana 3 (Kecamatan Pekutatan).

Caleg Demokrat yang berpeluang menduduki 2 kursi DPRD Jembrana Dapil Kecamatan Negara, adalah I Made Gangga Paribasa dan Luh Putu Diah Puspayanthi. Gangga Paribasa merupakan putra I Ketut Catur, anggota DPRD Jembrana Fraksi Demokrat dua periode (2014-2019 dan 2019-2024) dari Kelurahan Lelateng, Kecamatan Negara. Sementara Diah Puspayanthi merupakan new comer yang merupakan putri dari birokrat I Komang Wiasa (pejabat Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Jembrana) asal Desa Baluk, Kecamatan Negara.

Sedangkan 2 kursi Demokrat di Dapil Kecamatan Mendoyo, berpeluang diduduki incumbent I Komang Gde Leon Satriana Wijaya dan new comer I Kadek Sadnyana. Leon adalah putra politisi senior almarhum I Putu Kama Wijaya asal Desa Pergung, Kecamatan Mendoyo, yang saat ini menduduki jabatan Sekretaris DPC Demokrat Jembrana. Sedangkan Sadnyana merupakan politisi asal Desa Yeh Sumbul, Kecamatan Mendoyo, yang juga menjabat sebagai Bendahara DPC Demokrat Jembrana.

Kemudian 1 kursi Demokrat di Dapil Kecamatan Melaya, berhasil dipertahankan incumbent I Wayan Wardana yang notabene Ketua DPC Demokrat Jembrana. Sementara 1 kursi yang berhasil direbut Demokrat di Dapil Kecamatan Jembrana, berpeluang diduduki new comer Adi Oktariana yang merupakan istri dari birokrat I Wayan Wilantara (Sekretaris Camat Jembrana) asal Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana.

Ketua DPC Demokrat Jembrana I Wayan Wardana saat dikonfirmasi, Minggu (18/2), mengatakan dari perhitungan mandiri di partainya, raihan 1 kursi di DPRD Bali Dapil Jembrana dan 6 kursi di DPRD Jembrana itu, sudah hampir pasti. Menurutnya, ketiga incumbent termasuk I Ketut Catur yang tidak kembali maju, namun mencalonkan anaknya, sudah hampir pasti kembali lolos ke DPRD Jembrana. 

“Ya kami dapat 6 anggota dewan (DPRD Jembrana). Melaya 1, Negara 2, Jembrana 1, Mendoyo 2. Itu perhitungan sementara kami. Tapi untuk resminya, masih menunggu pleno resmi KPU. Sekarang kita masih kawal proses rekapitulasi tingkat kecamatan,” ujar Wardana.

Menurut Wardana, raihan 1 kursi untuk DPRD tingkat I (DPRD Bali) dan 6 kursi untuk DPRD tingkat II (DPRD Jembrana) itu, sudah cukup memuaskan. Terlebih dengan raihan 6 kursi di DPRD tingkat II, itu Demokrat juga berpeluang merebut kembali posisi Wakil Ketua di DPRD Jembrana periode 2024–2029. 7 ode

Komentar